Blog kesehatan untuk anda

Manfaat kacang hijau bagi tubuh kita

Tips sehat alami - Kacang hijau termasuk jenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini mengantongi beraneka ragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari selaku sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia  menempati urutan ketiga paling penting selaku tanaman pangan legum, sesudah kedelai  dan kacang tanah.
Ada beberapa jenisa makanan yang terbuat dari kacang hijau di antaranya bubur kacang hijau, minuman, bakpia, gandasturi dan lain-lain.

Manfaat kacang hijau bagi tubuh kita

Kandungan yang tersedia pada Kacang Hijau per 100 g antara lain :
- Protein (g) 24,0
- Lemak (g) 1,3
- Karbohidrat (g) 56,7
- Kalsium (mg) 124
- Fosfor (mg) 326
- Vitamin B1 (mg) 0,47
- Vitamin B2 (mg) 0,39

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan:

Nutrisi Penting
Kacang hijau / Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya sangat banyak dan termasuk sumber mineral berharga, antara lain; kalsium dan fosfor yang amat dibutuhkan tubuh.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Pada menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan merupakan solusi sumber protein nabati terbaik.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau berguna bagi memperkuat tulang.

Vitamin B1 (tiamin)
-Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 diketahui sebagai anti beri-beri.
-Meningkatkan nafsu makan dan membaguskan saluran pencernaan.
-Sumber energi, Vitamin B1 ialah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi.
-Memaksimalkan kerja syaraf  Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Aktivitas syaraf terganggu dikarenakan oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya tidak cukup  mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat nampak gejala-gejala gampang tersinggung, tidak bisa memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Perihal ini menyerupai dengan tanda-tanda orang stress.

Vitamin B2 (riboflavin)
Memudahkan penyerapan protein di dalam tubuh  Salah satu teori menyebutkan yakni vitamin B2 bisa memudahkan penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan menambahkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien. 

Demikianlah manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh kita , jadi mulai sekarang konsumsilah kacang hijau minimal satu kali dalam sehari semalam supaya kita dapat merasai manfaatnya juga , sehat itu mudah tapi menjalaninya susah .

Manfaat kacang hijau bagi tubuh kita Rating: 4.5 Posted by: Hayatun Nufus