Blog kesehatan untuk anda

11 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan::Daun sirih hijau tidak asing lagi bagi kita,Daun sirih hijau biasa dijadikan untuk obat tradisional yg sangat alami tanpa efek sampingnya,Di nusantara kita ini sangat banyak sekali tumbuhan herbal yang dapat dijadikan untuk obat tradisonal.Diantaranya yang telah kita bahas bagian lain yaitu Manfaat daun sirsak,Manfaat daun pepaya, Manfaat lidah buaya dan daun seledri. Dan masih banyak lagi yg belum sempat kita uraian,karena sangat banyak sekali kekayaan alam kita.
Untuk sekarang ini kami akan menguraikan tentang khasiat daun sirih hijau bagi kesehatan yaitu obat alami. Daun sirih yang ada didaerah kita kebiasannya ada 2 macam, Daun sirih yg merah dan daun sirih hijau.yg kita bahas sekarang adalah manfaat daun sirih hijau,yang mudah didapat dan ditanam oleh warga masyarakat kita,

11 Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

Daun Sirih hijau mempunyai nama latinnya Piper betle, Linn. yg tergolong masuk ke Piperaceae. Sirih merupakan jenis tanaman yg merambat kehidupannya menempel diri dipohon tumbuhan lainnya,dan ada pula yang merambatnya di tanah.

 Khasiat Daun Sirih bagi Kesehatan

Sejak jaman dulu Nenek moyang kita sering kali menggunakan daun sirih hijau untuk ramuan 'nginang'. Bahan-bahannya yaitu daun sirih hijau, kapur sirihnya,buah pinang,kapullaga, dan gambir.bahannya dsatukan kemudian mereka kunyah dan Selain itu juga daun sirih hijau dapat digunakan untuk obat tradisional alami untuk mengobati beragam penyakit dalam masyarakat. Dibawah ini ada beberapa khasiat daun sirih hijau bagi kesehatan kita.

1.Bisa Mengobati keputihan

Caranya Rebuslah 7-10 helai daun sirih hijau dalam 2,5 liter sampai mendidih airnya. Jadikan air rebusan daun sirih hijau itu yg masih terasa hangat bagi membasuh daerah terkena keputihan. Lakukan cara ini berulang.sampai sembuh.

2.Untuk Mengatasi gatal-gatal alergi dan biduran

Caranya Siapkan 6 lembar daun sirih hijau, 1 ruas jahenya dan 1,5 sdm minyak cap kayu ptih yg biasa dipakai. Seluruh bahan-bahan itu ditumbukkan bersama hingga halus.Seterusnya ramuan itu oleskan  di bahgian tubuh yang terasa gatal dikarenakan alergi atau bidurannya.

3.Untuk Mengatasi diare

Caranya Ambilkan 4 - 6 lembar daun sirih hijau, 6 biji lada dan 1 sdm minyak kelapanya. Seluruh bahan-bahan itu tumbukkan bersama sampai halus. Olesi ramuan obat alami itu dibahagian perut dan diamkan hingga kering.

4.Untuk Mengatasi gusi yang berdarah

Bagi sodara yang alami pendarahan pada gusi, jangan sodara kuwatir, obati dengan daun sirih hijau. Caranya yaitu,sediakan 4 helai daun sirih hijau lalu rebuslah dengan dua cangkir air sampai panas. lalu dinginkan, air rebusan sirih itu dijadikan buat berkumur-kumur. Lakukanlah hal ini berulang-ulang sampai sembuh.selamat mencoba ya..

5.Untuk Mengatasi keluar darah dari hidung

Keluarnya darah dari hidung biasanya disebut Mimisan.untuk sodara yg merasa sakit ini dapat  mengatasinya dengan gunakan daun sirih hijau. Ambillah satu lembar daun sirih itu Lalu kita tekan-tekan bagiannya biar agak layu.Lalu digulung dan paskan masuk ke dalam hidung buat menyumbat pendarahannya.

6.Untuk Mengatasi sakit gigi berlubang

 Untuk anda yang mengalami sakit gigi ini sebab gigi berlubang,Caranya segera ambilkan satu lembar daun sirih hijau dan rebuslah dengan dua cangkir air sampai mendidih. Air rebusan daun sirih hijau itu jadikan buat berkumur-kumur anda. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga terasa sembuh.

7.Untuk Mengobati batuk

Bagi anda yg alami sakit ini,Caranya Siapkan 4 lembar daun sirihnya, 3 lembar daun bidara upas dan madu asli secukupnya.Lalu Daun sirihnya dicincang, Lalu rebuslah bersama-sama daun bidara upas didalam 2 glas air sampai mendidih.diamkan, Setelah tersa dingin, tambahkan madunya, Lalu obat alami tersebut digunakan berkumur-kumur. Upayakan supaya dapat menjangkau daerah kerongkongan anda.

8.Untuk Mengurangi produksi ASI

Obat ini adalah khusus wanita bagi sodari yg Produksi ASInya yang berlebihan tentunya tak bagus dan mubazir.Sodari dapat mencegahnya dengan gunakan daun sirih hijau. Caranya sangat mudah, ambillah 4 helai daun sirih hijau dan oleskan minyak kelapa. Kemudian layukan diatas api kecil, jangan sampai terbakar hangus. Dalam kondisi yg masih hangat ini, daun sirih itu anda tempelkan di sekitar daerah payudaranya,anda lebih tau dalam hal tempel ini.

9.Untuk Penyakit jantung

Caranya adalah Siapkan 3 lembar daun sirih hijau, 7  biji kemukusnya, 3 butir bawang merah, dan 1 sdm jintan putihnya. Seluruh bahan itu ditumbukkan sampai halus,tambah juga 5 sendok makan air hangatnya, biarkan untuk beberapa menit, lalu peraslah dan saring.Obat alami ini anda minum 2 x 1 hari dan anda lakukan dengan teratur.

10.Untuk Mengobati Penyakit Sfilis

Caranya yaitu Sediakan 25 - 30 helai daun sirih hiau beserta tangkainya, 1/4 kg gula merah dan garam dapurnya. Semua bahan itu anda rebus bersama-sama dengan 2 liter air hingga mendidih, Lalu saring. Ramuan alami ini anda minum 3 x 1 hari secara terus menerus hingga sembuh.semoga lekas sembuh.

11.Untuk Mengatasi Bronkhitis

Caranya adalah ambilkan 7 helai daun sirih hijaunya dan 1 potonglah gula aren. Daun sirih anda rajang, Lalu rebus berserta gula aren dengan air 2 cangkir hingga mendidih sehingga sisanya 1 gelas, dan saringlah. Ramuan alami ini anda minum 3 x sehari 3 sdm.semoga yg merasakan sakit ini dapat mencobanya dan cepat sembuh.

Hanya itulah 11 Manfaat dan khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan yang dapat kami bagikan yaitu yg berkhasiat dari daun sirih hijau untuk kesehatan kita dan untuk obat tradisional alami yang sudah dari dulu dipraktekan oleh nenek moyang kita.Terima kasih telah Membaca Artikel ini.

11 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah