Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 29 Desember 2015

Inilah Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Inilah Manfaat Kacang Hijau Dan Efek Samping bagi Kesehatan 
Manfaat kacang hijau–Semua orang pasti mengenal yg namanya kacang hijau.Kacang yg banyak mengandung serat dan rendah kalori ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.Kandungan protein,karbohidrat,vitamin dan nutrisi yg dimiliki kacang hijau berfaedah untuk mengobati diabetes.

Dalam secangkir kacang hijau mengandung sekitar 60 kalori,rendah kolesterol,dan sumber vitamin A,vitamin C,magnesium,tembaga,besi dan magnesium yg baik untuk tubuh.Kacang hijau termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.



Ada beberapa jenis kacang hijau,namun kandungan nutrisi dan nilai gizi yg dimilikinya hampir sama.Selain kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan,juga dapat digunakan untuk menjaga dan merawat kecantikan wanita.


Informasi dan fakta kacang hijau

Berikut beberapa informasi dan sebagian fakta menarik tentang kacang hijau,dan hampir semua kandungan nutrisi yg dimiliki kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan.


http://mustahabbah.blogspot.com/2015/12/inilah-manfaat-kacang-hijau-dan-efek.html

Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A,vitamin C,vitamin K, mangan, besi, kalium,folat,kalsium,magnesium dan thiamin
Kacang hijau dapat disimpan dalam waktu yg relatif lebih lama, dan selalu tampak segar
Cara terbaik menyimpan kacang hijau adalah dalam kantong plastik agar kelembabannya tetap terjaga Sebelum mengolahnya,kacang hijau harus dicuci terlebih dahulu dengan air bersih untuk membersihkannya dari pasir dan kotoran lainnya
Kacang hijau dapat dikonsumsi secara rutin dalam berbagai bentuk makanan olahan alami.

Kandungan dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Kandungan berbagai nutrisi yg dimiliki kacang hijau sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.Berikut beberapa kandungan nutrisi yg dimiliki kacang hijau yg sangat baik untuk kesehatan.

Vitamin A

Kacang hijau mengandung banyak vitamin A yg memiliki sifat antioksidan untuk membantu menurunkan kolesterol, menyembuhkan penyakit jantung dan kanker. Vitamin A juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kulit kusam, garis-garis halus, bintik-bintik gelap dan kulit kering.

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin penting yg juga ditemukan dalam kacang hijau. Vitamin C dapat membantu menyembuhkan luka dan mencegah penyakit kanker. Sifat antioksidan yg dimiliki vitamin C dapat membantu mengurangi resiko terserang berbagai macam penyakit.

Vitamin K
Vitamin K sangat dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses pertumbuhan. Vitamin K juga dapat merangsang pembekuan darah setiap kali ada luka atau cedera untuk mencegah kehilangan darah lebih banyak.Vitamin ini juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh yg akan membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Orang yg memiliki resiko terkena osteoporosis sangat baik jika mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yg cukup.

Inilah Efek Samping dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Mangan
Mangan merupakan salah satu senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Mangan juga ditemukan dalam kacang hijau yang bermanfaat mengurangi gejala osteoporosis dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Serat
Kacang hijau yang mengandung banyak serat makanan ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan,menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh,dan membantu mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Silicon

Kacang hijau juga dikenal memiliki kandungan silikon sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Silikon merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jaringan ikat dan kekuatan tulang.

Manfaat lain kacang hijau

Ada beberapa manfaat tambahan yang bisa diperoleh jika mengkonsumsi kacang hijau ini secara rutin.Beberapa manfaat kacang hijau tersebut antara lain adalah sebagai berikut.Kacang hijau bermanfaat untuk wanita yang sedang menstruasi dan orang yang memiliki resiko kekurangan zat besi
Kacang hijau yang mengandung banyak serat dan rendah lemak ini adalah makanan ideal untuk orang yang sedang diet menurunkan berat badan,untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanpa kalori yang berlebih
Kacang hijau dapat membantu perkembangan jantung bayi selama kehamilan dan melindungi bayi dari penyakit asma dikemudian hari
Kacang hijau dapat mencegah sembelit yang disebabkan kekurangan serat
Kacang hijau sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes atau mereka yang memiliki resiko terkena diabetes untuk membantu mengontrol kadar glukosa darah
Kacang hijau mengandung flavonoid dan karotenoid yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pegal-pegal dan encok
Kacang hijau merupakan makanan ideal bagi ibu hamil dan menyusui karena mengandung zat besi yang tinggi
Kacang hijau memiliki efek diuretik yang dapat melancarkan aliran urine dan membantu menghilangkan racun dari tubuh
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bubuk kacang hijau dapat membantu menyembuhkan eksim dan mengurangi gatal-gatal
Salah satu manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang paling penting adalah meningkatkan kesehatan jantung.Sifat antioksidan yang dimiliki kacang hijau dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif dan mengontrol lemak dalam darah. Kandungan serat dalam kacang hijau akan membantu mengurangi kadar kolesterol. Kacang hijau juga mengandung magnesium dan potasium yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.Kacang hijau mengandung alpha-linolenic acid,sejenis asam lemak omega 3 yang baik untuk melindungi dari penyakit jantung koroner,mengurangi resiko serangan jantung dan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol.

Efek samping mengkonsumsi kacang hijau

Kacang hijau tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.Namun,kacang hijau mengandung senyawa oksalat,yang juga ditemukan pada jenis tanaman dan hewan tertentu.Ketika oksalat ini terakumulasi dalam cairan tubuh akan menyebabkan komplikasi kesehatan.Oksalat juga dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Oleh karena itu,orang yg memiliki gangguan ginjal atau kandung empedu seharusnya menghindari mengonsumsi kacang hijau secara berlebihan.Efek samping mengkonsumsi kacang hijau seharusnya tidak akan mempengaruhi orang yg memiliki sistem pencernaan yg baik.

Baca juga:Makanan Yang Mampu Menurunkan Kolesterol
Demikianlah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan ini,semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua.

Inilah Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.