Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 29 Maret 2016

20 Manfaat Brokoli Si Super Food utk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Si Super Food utk Kesehatan
Brokoli dikenal sebagai super food alias makanan super. Makna super food ini merujuk pada makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga bermanfaat utk kesehatan.Ya,manfaat brokoli utk kesehatan memang sangat banyak dan sudah diketahui masyarakat umum. Karena itu, sayuran yg bentuknya mirip kembang kol ini dikenal sebagai super food.

Kebanyakan,brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis.Namun,utk mendapatkan khasiat yg lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan,kini cukup populer jus brokoli.

Beberapa penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa anti kanker dan dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya. Zat gizi yg terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yg dibutuhkan tubuh.


Manfaat brokoli utk kesehatan
Sebagai super food,sudah barang tentu brokoli ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.Dan berikut ini adalah sayuran berwarna hijau ini.

1. Membantu program diet menurunkan berat badan
Sayuran yg kaya akan serat seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda.Kandungan seratnya yg tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama.Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral,dan rendah kalori juga lemak.

2. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung ialah momok menakutkan bagi manusia yg hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich,Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal.Dan itu ialah senyawa yg diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga ketajaman penglihatan
Kandungan lutein dan vitamin A yg ada dalam brokoli membuat sayuran ini mempunyai kemampuan utk menjaga kesehatan mata.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yg tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula.Sementara vitamin A sangat penting utk menjaga kesehatan retina.

4. Menjaga kesehatan kulit
Mempunyai kulit cantik,sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang.Bukan cuma wanita.Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin,yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu,dapat membantu utk memperbaiki jaringan kulit yg rusak dan membuat kulit yg sehat dan bercahaya. Secara umum,mengonsumsi brokoli baik utk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C,beta-karoten dan vitamin B kompleks datang di sayuran ini.Vitamin E di dalamnya sangat bagus utk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat yg tinggi dalam brokoli bisa menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik,mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi.Dan antioksidannya ialah detoks alami yg membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular
Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yg terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.Jadi jangan ragu utk mengonsumsi sayuran yg satu ini.Tentu harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Mengontrol tekanan darah
Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yg tinggi,brokoli menjadi salah satu sayuran yg dianjurkan utk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kalsium ialah mineral yg sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi.Nah,brokoli ini ialah sayuran yang mengandung kalsium tinggi.Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

9. Mencegah depresi
Seseorang yg kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami keadaan hati yg tidak stabil.Mudah mengalami depresi,kelelahan,daya ingat yg buruk,bahkan lebih serius seperti skizofrenia.Brokoli mempunyai kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki keadaan hati dan mencegah depresi.

10. Mencegah kanker
Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli mempunyai sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara,kandung kemih,usus besar,dan kanker ovarium.Hal ini berkat kandungan fitokimia yg bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yg disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yg paling besar.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/03/20-manfaat-brokoli-si-super-food-utk.html


11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Brooli ialah sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yg tinggi.Dimana keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi,bakteri dan virus.Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia,termasuk sulforaphane,yg membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.

12. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat
Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam brokoli membuatnya menjadi sayuran yg sangat bermanfaat utk menjaga kesehatan sistem saraf pusat.Selain menjaga fungsi otak agar tetap optimal,super food ini bisa baik utk membangun otot.

13. Meningkatkan kecerdasan
Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yg sangat baik utk perkembangan otak.Ketiganya adalah motor yg membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak.

14. Menjaga kadar gula darah
Jika Anda merupakan orang dengan kadar gula darah tinggi,maka brokoli adalah sayuran yg perlu dikonsumsi.Karena brokoli bisa mengatur kadar gula darah tetap rendah.

15. Menurunkan kolesterol
Seperti sayuran lainnya,brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yg sedang dalam program diet.

16. Mencegah penyakit alzheimer
Sudah disinggung pada beberapa point diatas,bahwa brokoli bisa mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak.Oleh karena itu,brokoli ialah makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer (pikun).

17. Mengobati penyakit asma
Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C,vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan.Super food ini bisa dipercayai mempunyai sifat anti-karsinogenik. Mengonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

18. Antioksidan
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brokoli ialah sayuran dengan kandungan antioksidan yg tinggi. Dengan tingginya kandungan vitamin C menjadikannya sebagai antioksidan kuat yg menagkal radikal bebas.Brokoli juga mempunyai kandungan flavonoid,karotenoid lutein,beta-karoten dan zeaxanthin yg tinggi,dan semua itu ialah zat antioksidan yg dapat mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.

19. Anti-inflamasi
Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi.Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yg kuat.

20. Manfaat brokoli utk ibu hamil dan bayi
Mengonsumsi brokoli sangat dianjurkan buat ibu hamil.Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yg sering mengintai ibu hamil.Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik utk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).
Baca Juga: Mengenal Jenis Burung Lovebird

Cara memasak brokoli yg paling baik adalah dikukus.Tidak dianjurkan menggorengnya. Jikapun harus ditumis,jangan terlalu lama.Cukup lima menit saja,karena proses pemanasan terlalu lama akan mengurangi setengah nutrisi yg terkandung di dalamnya. Sayang, bukan ?

20 Manfaat Brokoli Si Super Food utk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.