Blog kesehatan untuk anda

Inilah Alasan Sakit Perut Sebelah Kanan yg Wajib Anda Ketahui

Secara medis,nyeri perut dapat digolongkan berdasarkan letaknya.Ada yg terletak hanya di satu titik,misalnya pada bagian perut kanan bawah atau di tengah perut atau juga di perut kiri bawah.Namun kadang sakit perut terjadi merata di seluruh perut sehingga kita sulit menggambarkan tempat nyeri perut yg tetap.Memperhatikan dan menggambarkan tempat nyeri dengan tepat akan membantu dokter dan diri Anda sendiri utk menentukan penyebab sakit perut tersebut .

Banyak sekali organ dalam tubuh yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Misalnya saja ada organ dalam perut,ginjal,liver,sampai salah otot pun dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan.

Berikut adalah daftar penyebab sakit perut sebelah kanan yg sering terjadi dan patut Anda waspadai.

 Inilah Alasan Sakit Perut Sebelah Kanan yg Wajib Anda Ketahui


Batu Pada Kantung Empedu
Penyakit nomor satu yg biasanya menyebabkan sakit perut sebelah kanan terutama kanan atas adalah batu empedu.Penyakit ini timbul karena adanya batu yg mengiritasi saluran empedu.Keluhan yg biasa dirasakan penderita adalah sakit perut kanan atas atau terkadang di ulu hati yang dapat menjalar ke punggung.Biasanya sakit perut terlihat setelah penderita makan,terutama makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dan santan.Tidak jarang,penderita juga merasakan mual dan muntah.Penyakit ini sering terjadi pada perempuan (meski banyak juga penderita laki-laki) pada usia 40-an.

Usus Buntu
Penyebab paling sering sakit perut sebelah kanan terutama sakit perut sebelah kanan bawah adalah penyakit usus buntu.Penyakit ini sering terjadi karena ‘nyasar’nya partikel feses yg mengeras ke saluran usus buntu.Gejala usus buntu adalah sakit perut sebelah kanan bawah yg biasanya didahului oleh nyeri ulu hati (seperti sakit maag),nafsu makan sangat menurun,mual,muntah dan bila parah nyeri dapat merata ke seluruh tubuh disertai demam.

Batu Ginjal
Sakit perut sebelah kanan bawah juga sering disebabkan oleh penyakit batu pada saluran kencing,terutama di ginjal dan saluran kencing bagian atas (ureter).Keluhan yg dirasakan biasanya nyeri mendadak yg sangat hebat dan dapat terjadi berulang secara acak,dapat juga disertai mual dan muntah.Penderita juga mungkin mengalami kencing berwarna merah atau kencing darah.Bila terjadi demam dan nyeri kencing,kemungkinan sudah tumbuh infeksi pada saluran kemih Anda.

Kehamilan Ektopik
Definisi dari kehamilan ektopik adalah terjadinya kehamilan di luar dinding r*him, contohnya pada saluran indung telur.Karena saluran indung telur tidak dapat membesar seperti dinding r*him,maka pertumbuhan j*n1n akan mengiritasi saluran tersebut bahkan dapat membuatnya robek atau pecah.Gejala yg dirasakan yakni sakit perut mendadak yg terlihat pada perut bagian bawah (dapat sebelah kiri maupun kanan),perut terasa kram dan mual muntah.Dapat pula keluar sedikit darah dari organ 1nt1m perempuan.Yg paling penting, orang dengan penyakit ini akan menunjukkan tes kehamilan air kencing yg positif. Kehamilan ektopik merupakan keadaan gawat darurat yang dapat menimbulkan kematian bila tidak cepat ditangani.

Hernia
Salah satu penyakit yg cukup sering terjadi dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan adalah hernia.Hernia merupakan penyakit dimana isi dari perut (seperti usus) menonjol keluar dari dinding perut.Awalnya,penyakit ini tidak menimbulkan gejala sakit, hanya saja ada benjolan yg tampak di lipat paha.Namun bila tidak ditangani,usus atau isis perut lainnya dapat terjepit dan menimbulkan nyeri yg luar biasa.
Lihat Juga: Inilah Fungsi Tidur Miring Kekiri Yang Jarang Orang Ketahui
Di atas merupakan penyakit sakit perut sebelah kanan yg sering terjadi di Indonesia. Namun,beberapa penyakit lain yg juga tak jarang menimbulkan sakit perut sebelah kanan adalah :

  1. Penyakit liver : misalnya liver yg bernanah
  2. Radang pankreas/pankreatitis : nyeri pada perut sebelah atas,dapat menjalar ke belakang dan diperparah dengan makan makanan berlemak.
  3. Penyakit ginjal : misalnya infeksi ginjal dan penyakit ginjal polikistik.
  4. Penyakit Kista pada R*him : biasanya disertai nyeri pada saat m3nstru*si
  5. Obstruksi usus : Nyeri mendadak pada perut disertai perasana kembung
  6. Kanker Kolon

Inilah Alasan Sakit Perut Sebelah Kanan yg Wajib Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri