Blog kesehatan untuk anda

Minggu, 14 Agustus 2016

Inilah Cara Mencegah Cegukan

Cegukan membuat kita merasa tidak enak,baik kitanya sendiri maupun pada orang lain. kenapa sih kita bisa cegukan.Dan bagaimana supaya kita bisa terhindar dari cegukan. Kompas.com memberikan cara efektif akan kita tidak cegukan.

Siapa pun tentu pernah mengalami cegukan.Walaupun terdengar sepele cegukan seringkali membuat kita merasa terganggu.Umumnya cegukan terjadi dalam waktu singkat.Seperti menguap,cegukan juga merupakan kebisaan umum yg terjadi dalam tubuh kita.

Menurut Dr.Lourdes DelRosso,asisten profesor pediatri di Universitas Pennsylvania, cegukan merupakan proses kontraksi singkat otot utama yg terlibat dalam respirasi.

Pada dasarnya,cegukan terjadi ketika diafragma kita yang mengalami kontraksi secara tiba-tiba.Pengetatan ini akan memaksa utk menutup ruang antara pita suara.Lalu timbulah suara “hik”.

Inilah Cara Mencegah Cegukan

Biasanya penyebab cegukan terjadi bila kita makan teralu cepat,mengunyah permen karen,dan menyeruput minuman berkarbonasi.Hal-hal itu merupakan aktivitas yg bisa membuat udara masuk ke tenggorokan,tempat yg bukan semestinya.

Kita wajib berhati-hati apabila mengalami cegukan yg berlangsung lebih dari dua hari. DelRosso mengatakan mungkin terdapat hal yg serius yg terjadi di dalam tubuh kita. Cegukan yg lama bisa juga terjadi pada orang yg menderita kanker stadium lanjut.

DelRosso dan rekannya juga pernah menerbitkan sebuah studi tentang kasus cegukan. Studi tersebut mengenai seorang pria dengan umur 60 tahun yg telah mengalami cegukan hampir non-stop selama setahun penuh.

Ia menyarankan refleks cegukan yg berlangsung lama perlu mengkonsultasikan ke ahli medis.
Baca Juga:Resep Memperbanyak ASI Dengan Ramuan Tradisional

Dengan makan dengan santai,mengurangi mengonsumsi minuman berkarbonasi dan tidak banyak mengunyah permen karet,kita dapat mencegah terjadinya cegukan.(Sumber : Kompas. com) 

Inilah Cara Mencegah Cegukan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.