Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 29 November 2016

Manfaat Bunga Cempaka Merah Untuk Kesehatan

Bunga cempaka berasal dari family Magnoliaceae,merupakan bunga yg tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis.Bunga ini mempunyai beragam jenis,yaitu bunga cempaka putih,bunga cempaka,kuning,bunga cempaka merah,dan bunga cempaka ungu.Masing – masing bunga mempunyai perbedaan pada warna dan bentuknya.Bunga cempaka mempunyai lima kelopak bunga dengan beraneka warna menurut jenisnya.Pada bunga cempaka putih dan kuning terdapat corak lain yg menyertainya seperti warna buratan kuning atau keunguan.Namun pada bunga cempaka merah dan ungu,terdiri dari satu warna saja. Pada bunga cempaka merah,kelopak bunganya lebih rumcing ketimbang yg lain.

Bunga cempaka merah juga dikenal lebih mahal karena pertumbuhannya yg lebih sulit. Pertumbuhan bunga cempaka merah lebih lambat dan proses pemekaran bunganya singkat.Dalam satu tahun,bunga ini hanya tumbuh daun saja.Dan ketika berkembang, bunga hanya bertahan beberapa jam saja kemudian layu.Namun,hal inilah yg membuat bunga cempaka merah langka dan dicari-cari.

Selain itu bunga cempaka merah juga mempunyai manfaat utk kesehatan :

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/11/manfaat-bunga-cempaka-merah-untuk.html

Mengatasi bau badan
Bunga cempaka mempunyai bau yg khas dan sangat kuat.Bahkan tidak jarang bunga ini dihubungkan dengan kisah mistis karena baunya.Dan biasa digunakan sebagai keperluan ritual.Namun,dari sisi kesehatan bau dari bunga cempaka bisa mengatasi bau badan. Caranya adalah dengan menggunakan air bunga cempaka utk mandi.Sebelumnya,rendam dulu bunga cempaka pada bak air.Air akan mempunyai bau dari bunga cempaka yg kuat dan bertahan cukup lama utk membantu mengharumkan tubuh.

Mengatasi keputihan
Bunga cempaka merah mempunyai kandungan antibiotik sehingga bisa membunuh bakteri atau kuman yg melekat pada tubuh.Keputihan terjadi pada wanita akibat adanya proses invasi bakteri atau kuman.Bunga cempaka ini bisa digunakan utk membunuh bakteri tersebut.Caranya yaitu dengan merebus bungan cempaka ke dalam air.Lalu minumlah air rebusan tadi,sehari dua kali.

Mengobati peradangan pada tenggorokan
Bunga cempaka merah juga mempunyai kandungan anti inflamasi atau anti peradangan. Pada peradangan di tenggorokan,hal tersebut terjadi akibat bakteri atau kuman yg bersarang disana.Bisa dari makanan yg masuk ke mulut atau udara kotor yg terhirup. Bakteri yg menginvasi jaringan menyebabkan terjadinya pembengkakan.Dengan zat antiinflamasi pada bunga cempaka,dapat mengurangi respon pembengkakan tersebut .
Baca Juga: Dampak Negatif Jika Orang Tua Bertengkar Didepan Anak.
Penggunaan bunga cempaka saat ini masih sangat banyak utk cara ritual dan keagamaan. Kesadaran utk menjadikan tanaman ini sebagai obat alternatif masih kurang.Padahal bunga cempaka merah mempunyai banyak manfaat lain yg baik utk kesehatan.Selain manfaat diatas,kandungan anti bakteri dan anti inflamasi pada bungan cempaka merah ini,juga bisa digunakan utk penyakit – penyakit lainnya yg berhubungan dengan prooses invasi bakteri dalam tubuh.

Manfaat Bunga Cempaka Merah Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.