Blog kesehatan untuk anda

Macam-Macam Penyakit Hati Dan Cara Mengatasinya

Hati atau liver merupakan salah satu organ tubuh paling penting untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari hati adalah untuk membuang racun dalam tubuh, membantu dalam proses produksi sel darah merah serta membersihkan dan menyaring darah.

Salah satu organ tubuh yang memiliki warna merah darah memiliki keistimewaan dibandingkan dengan organ lainnya yaitu jika terluka dapat memulihkan sendiri. Akan tetapi bagaimana jika hati terkena penyakit yang berbahaya? Pastinya hal ini dapat mengancam hidup seseorang.

https://mustahabbah.blogspot.com/2017/08/macam-macam-penyakit-hati-dan-cara.html

Macam-Macam Penyakit Pada Hati

Hepatitis
Penyakit pada hati yang pertama adalah hepatitis. Pada umumnya hepatitis ada beberapa macam, antara lain hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan juga hepatitis E. Diantara jenis hepatitis tersebut, hepatitis B adalah salah satu hepatitis yang paling berbahaya. Karena jenis hepatitis ini dapat berkembang menjadi penyakit kronis seperti sirosis atau kanker hati. Hepatitis juga merupakan salah satu jenis penyakit menular yang perlu diwaspadai. Sebenarnya, ada beberapa tips menjaga kesehatan hati salah satunya yaitu mengonsumsi air putih, menghindari alkohol hingga mengonsumsi buah dan sayur.

Sirosis hati
Sirosis hati merupakan penyakit dari efek lanjutan dari hepatitis B dan hepatitis C yang sangat kronis. Penyakit ini pun menyebabkan fungsi hati terganggu karenanya banyaknya jaringan ikat yang ada di dalam hati. Secara medis, penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Hanya saja jika dilakukan pengobatan, pengobatan tersebut hanya untuk mengobatai komplikasi yang terjadi akibat penyakit tersebut, seperti mata kuning, perut membesar, muntah, koma hematikum serta berak darah.

Hemochromatosis
Penyakit pada hati selanjutnya adalah hemochromatosis. Penyakit ini merupakan penyakit yang bersifat keturunan atau genetik. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan mengalami kelainan metabolisme dimana adanya pengendapan besi yang berlebihan dalam hati.

Kanker hati
Kanker hati merupakan penyakit lanjutan dari efek hepatitis B, hepatitis C juga hemochromatosis. Jenis kanker hati yang paling banyak terjadi adalah HCC (hepaticular carcinoma). Sama halnya dengan sirosis, kanker hati juga tidak dapat diobati. Salah satu cara pengobatan paling efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan kemoterapi. Akan tetapi cara ini pun tidak banyak menolong penderita kanker hati itu sendiri.

Kolestasis dan jaundice
Penyakit ini akan terjadi jika hati gagal untuk memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu dalam tubuh. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi pula kegagalan dalam penyerapan lemak, vitamin (A.D,E,K) pada usus. Tak hanya itu saja, penyakit ini juga menyebabkan penumpukan bilirubin, asam empedu serta kolesterol di hati. Penyakit ini pun memiliki gejala atau tanda seperti kulit penderita menjadi kuning, warna feses terang dan urine berwarna gelap.

Cara Mengatasi Penyakit Hati
Cara termudah untuk mengelola penyakit hati anda adalah melalui perubahan gaya hidup. Bila anda memiliki penyakit hati, anda mungkin memmiliki daftar pantangan untuk mencegah hati anda dari kerusakan lebih lanjut.

Mempertahankan diet yang sehat juga dapat memastikan bahwa hati anda tidak bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk menjauhi lemak trans, garam, gula, makanan olahan dan mengurangi protein lemak. Perubahan diet Anda mungkin melibatkan:

Meningkatkan asupan karbohidrat dalam proporsi dengan jumlah protein yang Anda makan.

Minum vitamin dan obat yang diresepkan oleh dokter untuk darah rendah, masalah saraf, atau masalah gizi dari penyakit hati.

Mengurangi jumlah protein yang Anda makan. Ini akan membantu membatasi penumpukan produk limbah beracun.

Membatasi asupan garam Anda. Garam dalam diet dapat memperburuk penumpukan cairan dan pembengkakan di hati.

Ketika Anda berolahraga, Anda harus mulai dengan yang ringan, latihan peregangan ringan yang sesuai kondisi fisik Anda. Perlahan-lahan tingkatkan latihan atau sesi durasi. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk merencanakan program atau membutuhkan seseorang untuk memandu Anda selama program, Anda dapat mencari ahli kebugaran yang berpengalaman dalam program “kebutuhan khusus”. Sulit untuk terus menjalani rencana Anda, tetapi ingatlah motivasi Anda dan jalani aktivitas Anda.

Nah, itulah Macam-Macam Penyakit Hati Dan Cara Mengatasinya yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Macam-Macam Penyakit Hati Dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri