Blog kesehatan untuk anda

Doa Penyembuh Sakit Lambung

Doa dan Terapi yang Diajarkan Rasulullah untuk Menyembuhkan Bagian Tubuh yang Sakit
Setiap penyakit ada obatnya, demikianlah yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu orang yang mengalami sakit dianjurkan untuk berobat. Rasulullah SAW juga mengajarkan doa-doa untuk penyakit tertentu. Contohnya adalah berikut ini.

Jika yang sakit hanya dibagian tertentu dari tubuh kita, misalnya bagian dada (paru-paru dan jantung), kepala (sakit kepala atau migrain), sakit perut (lambung/maag), dan sejenisnya, maka Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa berikut ini:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan asbabul wurud hadits ini.Suatu hari ada seornag sahabat Nabi SAW yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al Ash r.a. yang merasakan sakit sejak ia masuk islam. Lalu Rasulullah mengajarkan doa dan cara tersebut:

1. Letakkan tangan pada tempat yang sakit

2. Baca bismillah tiga kali

3. Baca doa ini tujuh kali:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan

Jika kita meyakini betul apa yang diajarkan Rasulullah ini, maka insya Allah, Allah akan memberikan kesembuhan kepada kita, seperti halnya Allah SWT memberikan kesembuhan kepada Utsman bin Al Ash r.a. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita untuk mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW dan Allah mengaruniakan rizqi kesehatan kepada kita dan seluruh anggota keluarga. Aamiin.

Mengobati Sakit Maag, Asam Lambung Tinggi, Penyakit GERD Dengan Dzikir - Sakit maag , asam lambung tinggi atau penyakit GERD merupakan satu jenis gangguan pada saluran pencernaan yang banyak diderita. Saking banyaknya, hampir setiap orang pernah mengalaminya. Perbedaannya hanya pada tingkat keparahannya saja. Ada yang sudah kronis, akut ada juga yang baru gejala awal.

Sakit maag, asam lambung tinggi atau penyakit GERD juga termasuk kedalam jenis penyakit yang susah-susah gampang untuk diobati. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh penderita bisa saja cepat sembuh kalau pengobatannya dilakukan sedini mungkin dan bisa jadi susah sembuh kalau susah masuk ke tahap kronis atau akut. Oleh karena itu kalau sudah ada gejala awal dari sakit maag segeralah atasi dengan menjaga pola makan, hindari pantangan dan hal yang bisa meningkatkan kadar asam lambung jadi naik atau tinggi.

https://mustahabbah.blogspot.com/2017/09/doa-penyembuh-sakit-lambung.html

Sekedar informasi, dalam teori pengobatan tiongkok kuno menyebutkan bahwa gangguan pencernaan merupakan asal mula penyakit berbahaya muncul. Tidak bisa dipungkiri kadar asam lambung berlebih bisa menghambat asupan nutrisi makanan yang dibutuhkan oleh seluruh tubuh. Padahal nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk energi atau regenerasi sel organ.

Bagi Anda yang mau terhindar dari penyakit sejuta umat ini atau Anda yang mengalami gejala sakit maag tahap awal lakukanlah tips-tipis di bawah ini. Insya Alloh dan mudah-mudahan bisa terhindar dari penyakit ini. Berikut adalah tipsnya :

Kurangi konsumsi makanan pedas dan bersifat asam. Buat penderita sakit maag yang sudah kronis pastikan sama sekali tidak konsumsi makanan atau minuman jenis ini.
Kurangi atau hindari stres. Stres ini merupakan penyebab sakit maag paling banyak. Apalagi di kota besar yang memiliki tingkat stres yang tinggi. Memang bisa dibilang lumayan susah untuk menghindarinya. Akan tetapi berusahalah menghindarinya, salah satu caramengatasinya adalah dengan membuat pikiran Anda rileks. Bisa dengan berlibur di alam yang asri, dan mendekatkan diri kepada Alloh.
Kurangi makanan atau minuman yang bisa merangsang kadar asam lambung jadi naik. Buat penderita yang sudah kronis atau akut sebaiknya dihindari, sebab ini masuk ke dalam pantangan.
Hindari memikirkan sesuatu hal terlalu berlebihan. Kondisi ini juga bisa merusak atau mengganggu sistem saluran pencernaan.
Konsumsi air putih yang cukup. Manfaat air putih adalah untuk detoksifikasi atau pembersihan saluran cerna secara alami.

Konsumsi buah-buahan, sayuran atau makanan berserat. Serat merupakan zat yang bisa membetulkan atau menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh. Sistem inilah yang mengatur tingkat penyerapan nutrisi kedalam tubuh. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh (imun) akan semakin kuat. Imun ini sudah Alloh ciptakan untuk melawan bakteri, virus atau penyakit yang akan masuk kedalam tubuh.
Olahraga yang cukup. Pekerjaan ini memang banyak yang tidak bisa melakukannya. Entah dengan alasan sibuk karena bekerja atau apapun. Akan tetapi sempatkanlah sebentar, walaupun hanya dengan gerakan kecil. Olahraga juga bisa menguatkan imun tubuh.

Makan secara teratur

Istirahat yang cukup. Dianjurkan supaya mulai jam 9/10 malam sudah tidur. Jika Anda sudah tidur dari jam 9/10 malam, tubuh Anda akan melakukan regenerasi sel organ secara alami. Dianjurkan juga untuk melakukan sholat malam tahajjud dan mohon kepada Alloh supaya terhindar dari penyakit. Buat yang sudah menderita mohonlah kesembuhan kepadaNya.
Pantangan Sakit Maag, Asam Lambung Tinggi, Penyakit GERD

Supaya tidak semakin parah hindarilah pantangan-pantangannya. Selain mencegah berlanjut ketahap selanjutnya, disiplin pantangan juga sangat berperan penting terhadap pengobatan. Jika diibaratkan, Anda sedang cat tembok rumah yang kotor, tapi disisi lain Anda juga sekaligus mengotorinya. Anda pasti sudah tahu hasilnya? Berikut adalah pantangannya :

  • Gorengan
  • Mie instan
  • Minuman bersoda
  • Kopi, teh dan susu (kecuali susu kambing karena sifatnya basa)
  • Penyedap rasa
  • Pemanis buatan
  • Makan atau minuman yang bersifat asam dan pedas
  • Alkohol dan obat terlarang
  • Makanan berkolesterol tinggi
  • Stres

Gejala Sakit Maag, Asam Lambung Tinggi, Penyakit GERD

Gejala-gejala di bawah ini mudah-mudahan bisa jadi informasi penyakit apa yang sedang diderita. Dengan demikian, pengobatannya bisa dilakukan secepatnya. Berikut gejalanya :

  • Perih
  • Kembung
  • Begah
  • Nyeri ulu hati
  • Melilit
  • Panas di sekitar dada
  • Terasa ada yang naik dari perut ketenggorokan
  • Nyeri tenggorokan
  • Keluar darah segar dari anus
  • Susah menelan
  • Waswas
  • Sering paranoid
  • Badan lemes
  • Mudah lelah
  • Muntah cairan asam
  • Pingsan

Mengobati Sakit Maag, Asam Lambung Tinggi, Penyakit GERD

Untuk Anda yang sudah menderita penyakit ini cukup kronis atau akut, lakukanlah tips-tips pengobatannya di bawah ini :
Lakukan cara pencegahan di atas

Hindari pantangan

Bila sudah mengalami gejala di atas lakukanlah pengobatan secepat mungkin. Bisa dengan cara medis, obat herbal, teadisional, pengobatan alami, alternatif, terapi atau jenis pengobatan lainnya. Sebagai catatan, apabila sudah ada luka dalam lambung pilihlah pengobatan yang bisa menyembuhkan secara menyeluruh, dari mulai penyembuhan, regenerasi dan penguatan. Sebab selama luka belum sembuh, sakit maag, asam lambung tinggi atau penyakit GERD tidak akan pernah sembuh total.
Perbanyak berdzikir dan berdo'a mohon kesembuhan. Hanya dengan kehendakNyalah penyakit yang Anda derita bisa sembuh. Mau sehebat apapun terapis/dokter atau sebagus apapun obat yang Anda konsumsi kalau Alloh belum menghendaki sembuh, pastinya tidak akan sembuh. Oleh karena itu, dzikir dan do'a sangat penting Anda lakukan.
Itulah tips cara mengobati sakit maag, asam lambung tinggi, penyakit GERD. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Amiin.

Doa Penyembuh Sakit Lambung Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri