Blog kesehatan untuk anda

cara mengatasi perut kembung

Perut kembung adalah suatu kondisi di mana perut terasa penuh dan sesak karena penumpukan gas dalam usus kecil. Kondisi ini bisa membuat area perut tampak bengkak. Kembung kerap disertai dengan gejala lain seperti kram, bersendawa, nyeri, diare, sesak napas dan nyeri pinggang. Namun tak perlu khawatir, karena mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan banyak cara alami.

Sejumlah faktor bisa menyebabkan kembung. Alasan utama adalah penumpukan gas usus. Penyebab lain meliputi sembelit, tukak lambung, anoreksia, kecemasan, merokok, retensi air, udara yang terjebak, makan berlebihan, gangguan pencernaan, sindrom pra-menstruasi (PMS), menopause, dan sindrom iritasi usus (IBS).

cara mengatasi perut kembung

Cara yang baik untuk meredakan kembung adalah mendorong pengeluran gas dan buang air besar. Tetapi jika kamu tidak dapat mengatasi perut kembung, kemudian cobalah beberapa obat rumahan sederhana.

Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi perut kembung.

Melemaskan otot dengan biji adas

Biji adas sangat efektif untuk masalah pencernaan seperti kembung karena sifat karminatif, diuretik, penghilang rasa nyeri dan anti-mikroba yang dikandungnya. Biji adas membantu meredakan kembung dengan melemaskan kejang otot dalam saluran pencernaan.

Kunyah beberapa biji adas setelah makan besar.

Tambahkan satu sendok teh biji adas dalam 1 cangkir air panas. Tutup dan biarkan terendam selama 5 sampai 10 menit. Saring. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari.

Mengatasi perut kembung dengan peppermint

Peppermint mengandung minyak mentol, yang memiliki efek anti-spasmodik pada otot polos saluran pencernaan. Peppermint membantu meringankan kejang pada saluran pencernaan, saluran empedu dan kantong empedu.

Juga menenangkan perut kembung dan membantu makanan melewati perut dengan cepat.

Kamu bisa mengunyah daun peppermint segar untuk meredakan kembung.

Pilihan lain adalah dengan merendam kantong teh peppermint dalam air panas selama sekitar 10 menit dan minum dua sampai tiga cangkir teh ini sehari.

Mengurangi gas dengan jahe

Jahe adalah herbal terkenal yang dapat digunakan untuk mengurangi gas dan kembung. Jahe mengandung beberapa bahan aktif, termasuk gingerol senyawa tajam dan shogaol yang membantu mengurangi peradangan pada usus dan melemaskan otot-otot usus.

Letakkan 5-6 irisan tipis jahe dalam cangkir dan tuangkan air mendidih ke dalamnya. Tutup cangkir dan biarkan terendam selama sekitar 10 menit. Tambahkan sedikit madu dan sari lemon ke dalamnya dan kemudian minum sampai tiga kali sehari.

Pilihan lain adalah dengan makan satu sendok teh jahe parut segar sebelum makan. Kamu juga dapat memarut jahe dan menaburkannya pada makanan.

Orang dewasa bisa memilih untuk meminum 0,25 – 1 g jahe bubuk setiap hari.

Mengatasi perut kembung dengan teh kamomil

Teh kamomil adalah pilihan efektif lainnya untuk meredakan kembung. Teh herbal ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu menenangkan perut dan juga membantu mengatasi asam lambung naik.

Didihkan satu cangkir air. Tuangkan ke dalam cangkir yang berisi satu kantong teh kamomil. Tutup dan biarkan terendam selama 10 menit.

Peras kantong teh tersebut dan tambahkan sari lemon atau madu seperti yang diinginkan.

Minum teh sedikit demi sedikit. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari di antara waktu makan.

Mengusir gas dengan biji jintan

Jintan memiliki efek anti-spasmodik serta sifat antimikroba dan karminatif. Dua bahan kimia dalam biji jintan, karvol dan karven, membantu menenangkan otot polos saluran pencernaan dan meningkatkan pengusiran gas untuk meredakan perut kembung dengan cepat.

Jika kamu sering menderita kembung, kunyah sejumput biji jintan beberapa kali seharian.

Jika rasa biji jintan mentah terlalu kuat bagimu, cobalah beberapa kraker jintan.

Atau, kamu dapat menyeduh biji jintan hancur untuk membuat teh.

Mengatasi perut kembung dengan labu

Makan labu adalah cara terbaik untuk mencegah perut kembung yang tidak diinginkan serta kembung. Labu mengandung jumlah vitamin A, kalium dan serat yang banyak yang membantu pencernaan.

Cukup menambahkan satu cangkir labu dalam makananmu dapat membantu menciptakan aliran pencernaan halus dan mengurangi gas. Kamu dapat mengukus, membakar atau memanggangnya, atau memasukkannya sebagai bahan dalam resepmu.

Melemaskan saluran pencernaan dengan adas manis

Adas manis (juga disebut pekak atau bunga lawang) mengandung sifat anti-spasmodik yang dapat membantu melemaskan saluran pencernaanmu. Juga, memiliki sifat karminatif untuk membantu mengusir penumpukan gas dalam saluran pencernaanmu dan mengurangi kembung. Cara terbaik untuk mendapatkan efek menguntungkan dari herbal ini adalah dengan minum teh adas manis.

Catatan: BPOM AS memperingatkan bahwa memberikan teh yang dibuat dengan adas manis pada bayi bisa menyebabkan kejang, muntah, gelisah dan gerakan mata yang cepat. Juga, wanita hamil sebaiknya jangan mengonsumsi adas manis.

Mengatasi perut kembung dengan arang aktif

Arang aktif memiliki sifat porous (memiliki pori), yang berarti memiliki lubang yang memungkinkan lewatnya udara dan air. Ruang ini bisa menjebak kelebihan gas di usus yang disebabkan oleh bakteri perut.

Arang aktif tersedia dalam tablet, kapsul dan bentuk bubuk. Carilah saran medis untuk mengetahui dosis yang tepat yang tepat untuk kondisimu.

Mengatur cairan tubuh dengan pisang 

Sebagai sumber serat yang baik, pisang dapat membantu mengurangi kembung dan gas yang berkaitan dengan sembelit. Pisang juga mengandung kalium, mineral yang membantu mengatur kadar cairan dalam tubuhmu dan meredakan kembung.

Jika kamu makan pisang secara teratur, kamu bisa mengatasi kembung. Kamu bisa makan pisang sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam salad buah dan makanan penutup panggang.

Mengatasi perut kembung dengan air lemon hangat

Minum air hangat baik untuk kesehatan karena membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh serta membuat tubuh terhidrasi. Lemon kaya akan vitamin B dan C, riboflavin, kalsium, fosfor, magnesium, protein dan karbohidrat yang membantu pencernaan.

Demikian pula, properti asam lemon merangsang produksi asam klorida, yang membantu memecah makanan.

Ketika air dan lemon dicampur bersama-sama, campuran ini bisa sangat bermanfaat untuk sistem pencernaanmu. Minum air lemon hangat dapat meredakan kembung, gas dan sembelit.

Kembung dapat mempengaruhi kegiatan sehari-harimu, tetapi dengan obat rumahan untuk mengatasi perut kembung ini, kamu dapat menjaga perutmu agar tetap sehat. Namun, jika kronis, kondisi tersebut mungkin memerlukan pengobatan dan perubahan dalam diet dan gaya hidup untuk mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter jika hal ini terjadi.

cara mengatasi perut kembung Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah