Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 03 Oktober 2014

Tips cepat menurunkan hipertensi secara alami

 Tips Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang sangat lama. Kenaikan tekanan darah bisa disebabkan akibat penyempitan pembuluh hingga menimbulkan timbunan lemak serta zat - zat lainnya.


Tips cepat menurunkan hipertensi secara alami


Untuk mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi atau tidak, bisa diketahui melewati kontrol tekanan darah. Ada 2 type pengukuran tekanan darah saat jantung berkontradiksi, tetapi diastol yaitu tekanan darah ketika jantung beristirahat atau relaksasi. umumnya, tekanan darah normal manusia yaitu berkisar di antara 90 - 120 untuk sistolik dan 60 - 80 untuk diastolik. jika tekanan darah melebihi angka tersebut, bisa dipastikan terkena hipertensi. kontrol tekanan darah rata-rata dikerjakan dokter menggunakan alat yang dinamakan shpigmomanometer atau yang lebih dikenal dengan tensimeter. hipertensi bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner ( pkj ) dan gagal ginjal. adapun mengenai factor penyebab hipertensi diantaranya keturunan, umur, pikiran sering stress, terlampau berlebih mengonsumsi garam, jarang berolahraga, dan kegemukan ( obesitas ).

Langkah-langkah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi : 

Tidak banyak cara lain yang dapat anda kerjakan selain mengobati dan mencegah faktor pencetus. 

Tekanan Darah TinggiMakanlah buah-buahan kaya serat tiap hari. Jeruk, apel, dan pisang merupakan sebagian buah-buahan yang paling direkomendasikan bagi pasien darah tinggi. Pelajari makanan yang berserat tinggi : Sayuran/Makanan yang Berserat Tinggi. Sayuran hijau juga menolong struktur pemulihan tekanan darah tinggi contohnya bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis diharuskan ada dalam daftar menu harian.

Buat diet tekanan darah tinggi. Terutama, diet konsumsi garam (sodium/natrium). Langkahnya? Jangan letakkan garam di atas meja makan buat mencegah tambahan garam pada ketika menyantap makanan. di samping itu, tentukan makanan dengan kandungan salt rendah. Batasi pula mengonsumsi daging serta keju dan jauhi makanan ringan bercita rasa asin. Buat anda yang mempunyai kebiasaan mencampurkan saus untuk menghentikan kesukaan itu.

Perbanyak mengonsumsi konsumsi suplemen potasium/kalium 2-4 g / hari. Potasium kebanyakan terdapat pada buah-buahan ataupun sayuran semacam alpukat, melon, pare, labu siam,bligo,labu parang, mentimun,lidah buaya,seledri,bawang putih merupakan sederet buah-buahan dan sayur mayur yang berkadar tinggi potasium.

Makanan yang berisi unsur omega 3 juga bisa menurunkan tekanan darah dan penyembuhan hipertensi biasanya yang digabungkan dengan sebagian obat diuretik seperti tablet hydrochlorothiazide ( hct ) beserta lasix ( furosemide ). Obat ini merupakan golongan obat hipertensi yang beroperasi dengan merangsang pengeluaran cairan tubuh melewati urin. ada juga beta-blockers semacam atenolol ( tenorim ) dan capoten ( captopril ). obat-obat tersebut dimanfaatkan dalam upaya pengontrolan tekanan darah dengan langkah memperlambat kerja jantung dan memperlebar ( vasodilatasi ) pembuluh darah.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami :

Bahan alami buat mengobati darah tinggi ini sebenarnya murah dan gampang didapat, dikarenakan merupakan tanaman sayuran yang sehari-hari kita jumpai di dapur.bahan tersebut tidak lain adalah bawang putih dan seledri.ini tidak sekedar jalan keluar murah,hal ini karena manfaat sayuran penurun darah tinggi ini sudah dibuktikan oleh penelitian.

Jus seledri :
Seledri mengobati tekanan darah tinggi dengan alami sebenarnya telah lama digunakan didalam penyembuhan tradisional cina.dan baru-baru ini penelitian telah membutktikan yakni minum jus seledri tiap-tiap hari sepanjang satu pekan dapat menolong turunkan tekanan darah.Hal ini di dukung oleh tingginya kalium, mineral dan antioksidan yang terdapat di dalamnya.Seledri juga dikenal mempunyai kandungan senyawa 3-n-butil-phthalide yang bermanfaat untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri sehingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar.pthalides juga pakar bisa mengurangi hormon stres yang bisa mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

Ambillah seledri yang sudah dicuci bersih secukupnya bersama air masak 1 gelas buat diblender.Angkat campuran blenderan seledri dan air tadi dan saring.Minum jus seledri yang sudah disaring ini 1 kali 1 hari sesudah sarapan. namun ingat, sebelum saat minum dengan teratur jus seledri ini, lebih baik kenali tensi darah anda. kemudian sesudah anda mengerjakannya semasa 1-2 minggu,cek tensi darah anda lagi dan hentikan apabila tekanan darah sudah kembali normal.

Bawang putih :
Menggunakan bahan alami bawang putih buat turunkan darah tinggi tidak tanpa alasan, disebabkan senyawa alisin yang ada dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan serta menghindar pembekuan darah, penyebab berlangsungnya hipertensi. prinsip bawang putih yang lainnya yang bagus buat menghindar darah tinggi yaitu kemampuannya menghancurkan lemak serta turunkan kandungan kolesterol jahat ( ldl ).

Cara mengkonsumsi bawang selaku penurun darah tinggi : 
 
manfaat sangat baik dari bawang putih buat kepentingan ini ialah mengkonsumsinya ketika pada keadaan fresh.langkahnya,ambillah 3 siung bawang putih yang sudah dikupas serta dicuci bersih, tumbuk hingga halus kemudian diperas dengan ditambah air secukupnya, lantas airnya diminum.cukup dikerjakan 3 kali 1 hari. atau tindakan yang amat gampang ialah memakan segera siung bawang putih 3 biji yang sudah bersih tentunya,dimakan berbarengan dengan nasi.manfaat sangat baik dari bawang putih adalah ada pada bawang lanang ( laki ), yaitu bawang putih yang bersiung tunggal.namun bawang lanang ini langka, biasanya ada di antara bawang putih yang lain.

 catatan : jika tindakan alami di atas sepanjang 2 minggu tidak mampu turunkan tekanan darah tinggi anda,kemungkinan ada penyebab lainnya yang mesti diatasi lebih dahulu. karenanya baiknya anda berkonsultasi pada dokter spesialis untuk menangani darah tinggi anda. 

Baca juga :13 Perawatan Secara Alami

Berikut tips menjauhi tekanan darah tinggi :
1. kurangi makanan yang terlampau tinggi mempunyai kandungan garam ( terlalu asin )
2. kurangi merokok dan mengkonsumsi alkohol
3. jauhi pikiran yang terlampau stress
4. rajin berolahraga
5. konsumsilah makanan secara seimbang
6. perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur
                                                       Semoga bermanfaat!                                              

Tips cepat menurunkan hipertensi secara alami Rating: 4.5 Posted by: Resep

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.