Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 26 April 2016

Resep Pewarna Rambut Alami menggunakan henna

mewarnai rambut alami dengan hennaBermacam macam alasan orang untuk mewarnai rambut mereka.Sebagian menginginkan perubahan warna dari gelap ke cerah,cokelat, pirang, dsb hanya demi penampilan atau fashion.Sementara itu yg lain menginginkan warna rambutnya yg mulai berwarna abu-abu ke putih utk berubah menjadi hitam kembali, supaya tidak terlihat lebih tua.Tapi pada intinya semua tujuan tersebut adalah untuk penampilan, namun yang menjadi pertanyaan adalah “apakah tindakan pewarnaan rambut yg Anda lakukan itu aman,tidak menyebabkan efek samping yg buruk yg justru bisa merusak penampilan bahkan kesehatan Anda?.. ”

Bahan kimia secara umum kontra dengan tubuh kita,karena dalam hal apapun bisa merugikan unsur sel atau tumbuh dalam tubuh kita terutama jika digunakan terus menerus dalam jangka panjang.Demikian juga bahan kimia yg umum digunakan utk produk pewarna rambut,bahkan rata-rata mengeluh mempunyai rambut yg kusut,rontok,gatal-gatal, kulit kepala kering,atau jenis kerusakan lain setelah penggunakan pewarna kimia.Jika Anda mau mencoba dan berusaha mencari alternatif lain,bahan-bahan alami tertentu bisa mengubah warna rambut Anda!.Bahan alami tentu lebih bersahabat dengan tubuh kita khususnya rambut,bahkan diantaranya justru membantu menutrisi rambut yg bermanfaat menjaga kesehatannya.Pewarna rambut alami memang tidak sekuat pewarna kimia dan bersifat progresif, atau harus berulang-ulang dilakukan utk mendapatkan perubahan warna yg diinginkan.Semua memang tergantung Anda sendiri dalam menentukan apa-apa yg baik utk diri Anda.Jika ingin mencoba yg alami, berikut bisa Anda terapkan sendiri dirumah!

Resep Pewarna Rambut Alami menggunakan henna

Berikut Resep mewarnai rambut menggunakan bahan alami herbal menggunakan bahan dasar henna, yg aman dan sehat.

Henna merupakan bahan dari tumbuhan yg digunakan utk pewarna rambut secara alami, tersedia dalam berbagai jenis warna dan udah banyak tersedia ditoko dalam bentuk bubuk henna. Menerapkan henna pada rambut adalah cara yg baik utk mengubah warna rambut yg halus sekaligus menghindari kerusakannya.Secara alami,herbal ini juga berkontribusi utk kesehatan rambut dan kulit kepala, melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari, dan menebalkan rambut.Henna yg dibuat alami sangat halus karena bersifat melapisi rambut, serta memberikan warna alami.

Bahan-bahan :

Ada beberapa bahan yg berbeda yg bisa Anda tambahkan ke dalam campuran henna yg bisa mengubah warna atau bau rambut.Semua memang Anda dibutuhkan,namun yg utama hanyalah bubuk henna dan cairan asam.

Berikut bahan yang harus dipersiapkan :
1. Henna (100-300g tergantung pada panjang rambut)
2. Cairan asam berguna utk membantu warna mengembang,Anda bisa menggunakan salah satu dari cairan asam dari air lemon atau buah asam lainnya.
3. Air–jika Anda tidak cukup mempunyai cairan lainnya,atau tidak ingin utk mengeringkan rambut dengan jumlah lemon berlebihan, gunakan air setelah pencampuran pertama.
4. Bubuk tumbuhan lain utk pewarna,yg Anda inginkan :

Indigo–bisa dicampur dengan henna utk mendapatkan warna coklat,atau digunakan setelah penggunaan henna utk mendapatkan warna rambut hitam.
Ummbi bit utk memperoleh warna merah keunguan.
Amla–bisa dicampur dengan henna utk mendapatkan warna rambut cokelat kemerahan dan bersinar.
Cassia obtava–utk pengkilap rambut

5. Rempah-rempah atau minyak esensial utk menambah aroma (opsional)–karena henna cukup bau,maka rempah ini akan membantu membuat bau menjadi lebih baik.
  • Jahe
  • Kayu manis
  • Teh
  • Minyak esensial Ravensara


6. Pelembab (opsional)– Anda bisa menambahkannya utk membantu melembabkan rambut :
  • Conditioner
  • Telur
  • Minyak zaitun


Cara membuat pewarna henna dan penggunaannya :

Beli satu paket henna alami ; utk rambut pendek atau sebahu 50 -100g,utk rambut panjang, gunakan 200g–tidak harus sangat tepat.Pilih warna yg Anda inginkan,dan henna yg berkualitas tentunya.Henna harus murni,kalau tiada indigo atau cassia (pewarna alami lainnya/tanaman).
Tuang bubuk henna pada mangkuk keramik atau stainless steel yg besar
Tuangkan secara bertahap bahan-bahan cair.
Lanjutkan menambahkan bahan cair/basah sampai campuran mencapai konsistensi ketebalan seperti kentang tumbuk.Harus lunak tapi tidak melekat pada sendok dan tidak berair.
Diamkan campuran henna di tempat yg hangat, tutupi dengan plastik selama semalaman, atau bisa juga beberapa jam.Jika saatnya sudah tepat utk digunakan pada rambut, campuran henna akan kelihatan berubah menjadi warna coklat tua dari warna hijau tua ; namun ketika sendok dimasukkan kedalam adonan,warna yg ada dibawah/dalamnya adalah hijau.Ini artinya pewarna udah teroksidasi dan siap utk digunakan.
Siapkan beberapa perlengkapan,tas plastik yg besar atau mantel,sikat rambut,dan handuk.
Lubangi plastik yg besar seukuran kepala pada sudutnya,utk digunakan sebagai pelindung tubuh supaya tidak terkena campuran pewarna alami ini.Kenakan pakaian yg udah tak dipakai lagi,karena jika mengenai pakaian akan sulit dihilangkan.
Terapkan henna ke kepala Anda menggunakan sikat rambut atau sisir, dan pastikan pewarna sampai ke ujung rambut. Setelah selesai, tumpukkan rambut Anda di atas kepala, lalu bungkus rambut mulai dari dahi ke atas.Gunakan air dingin,kain basah,atau lap utk menyeka henna yg kelebihan.Bungkus rambut dengan handuk dan tidur di atasnya. Bungkus bantal Anda dengan kantong plastik, dan meletakkan handuk di atasnya utk mencegah warna mengenai bantal.
Setelah melewati 4 jam (atau lebih),bilas rambut Anda.Lakukan dikamar mandi dan hati-hati melepas bungkus plastik diatas bak mandi.Bilas dengan air.Setelah henna hampir keluar, terapkan sampo dan cuci.Tergantung pendek atau panjang rambut Anda,proses ini bisa berlangsung mulai dari 5 menit sampai satu jam.Setelah keramas,oleskan kondisioner ; mungkin harus menunggu sekitar dalam 5 atau 15 menit sebelum rambut kusut.Rambut keriting membutuhkan waktu lebih lama dari rambut lurus.
Biarkan rambut kering oleh udara atau hair dryer.Jangan mencuci atau membasahi rambut lagi selama sekitar 24 -48 jam setelah proses diatas selesai.

Tips :

Gunakan Vaseline hingga leher,batas rambut,dan kulit kepala utk mencegah noda dari pewarna.
Campuran bisa disimpan hingga 6 bulan dalam freezer,dan hanya bertahan 1 minggu jika berada di luar kulkas
Minta bantuan teman utk membantu menerapkannya pada rambut Anda.

Peringatan :

Dapatkan bubuk henna yg dikatakan 100% tumbuhan atau alami.Jangan membeli yg mencantumkan bahan kimia dalam label bahan.Henna alami hanya mengandung henna dan tanaman alami lainnya.Henna jenis lainnya yg disebut senyawa atau henna hitam mengandung garam logam dan bahan kimia lainnya yg merusak rambut,serta berkontribusi menyebabkan keracunan,lesi kulit kepala,dan bahkan kanker.
Henna harus berwarna hijau sampai coklat,dan baunya seperti tumbuhan kering atau potongan rumput.Jangan membeli henna yg berwarna ungu atau hitam,atau yg berbau bahan kimia.

Baca Juga:Bagi Anda Yang Botak Inilah Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Cara dan resep diatas hanya utk henna yg terbuat secara alami saja.Henna kimia bisa membahayakan,jadi jika Anda menggunakan yg kimia,sebaiknya mengikuti petunjuk yg tercantum secara hati-hati dan jauhkan dari kulit termasuk kulit kepala.
Henna yg alami umumnya sangat aman,tetapi jika Anda dengan alergi parah,lakukan tes sebelum menggunakannya. 

Resep Pewarna Rambut Alami menggunakan henna Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.