Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 14 Oktober 2016

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat menangis tidak hanya sebatas ada manfaat emosional saja.Lebih jauh dari itu, menangis juga memberi manfaat kesehatan.Baik kesehatan fisik dan juga kesehatan mental.Sebab orang yg menangis pastilah mengeluarkan air mata. Nah,dalam air mata tersebutlah terdapat keunikan tersendiri yg mampu memberikan efek tertentu.

Jadi air mata sebenarnya meiliki tiga jenis.Pertama,air mata basal,yakni air mata yg keluar secara rutin untuk melubrikasi mata.Kedua,air mata refleks,adalah air mata yg keluar karena hal tertentu seperti kemasukan debu,tercipta sambal,atau saat mengiris bawang. Ketiga,air mata emosional,dimana air mata akan keluar saat suasana hati dan kondisi tertentu,bisa sedih,haru,dll.

Nah,dari ketiga jenis ar mata tersebut dapat memunculkan 7 manfaat menangis bagi manusia.Namun,kebanyakan orang hanya tahu bahwa menangis adalah perkara emosional saja,baik itu menangis sedih,haru dll.Lalu apa sajakah manfaat menangis yang lainnya? Berikut adalah beberapa manfaat menangis yg orang jarang tahu.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/10/manfaat-menangis-bagi-kesehatan.html


7 Manfaat Menangis Bagi Manusia

1. Mampu Membunuh Bakteri
Seperti halnya air ludah,air mata juga mengandung suatu enzim yang dapat membunuh bakteri.Enzim tersebut adalah “enzim lisozom”.Dimana enzim ini mampu membunuh bakteri yg masuk ke dalam mata dalam sekejap.Biasanya enzim ini akan terproses saat ada bakteri masuk ke mata, dan hanya dalam 5 menit saja bakteri tersebut sudah mati.Jadi menangis yg notabene mengeluarkan air mata dapat menghindarkan mata dari gangguan bakteri. Karena di dalam air mata,kandungan enzim lisozom berkisar antara 80-90%.

2. Membantu Menjernihkan Penglihatan
Setia orang pasti pernah mengalami kejadian dimana mata terasa kabur sesaat.Lalu reaksi kita pasti mengedip-kedipkan mata atau mengusapnya.Setelah itu biasanya mata berangsur membaik dan terlihat jernih.Nah,itu akibat dari air mata yg keluar dari rangsangan mengedikan mata atau mengucek tadi.Karena saat penglihatan kita terasa kabur,saat itu membran mata kita sedang kering.

Mebran mata kita akan sering kering jika kita melihat sesuatu dengan lama dan jarang berkedip.Nah,mata yg kering tersebut akan mengakibatkan dehidrasi,dan membran mata menjadi mengkerut,sehingga pandangan jadi kabur.Jadi setelah air mata mengenai mata, membran basah dan akhirnya membran mata kembali normal dan penglihatan jadi jernih.

3. Dapat Meningkatkan Mood
Manfaat menagis yg biasanya paling dirasakan adalah yg satu ini.Karena hampir sebagian besar sependapat jika menangis dapat membuat perasaan menjadi lega.Sehingga secara tidak langsung juga dapat merunah mood atau suasana hati seseorang.Lalu apa bedanya dengan menangis secara emosional dan yg tidak?Jika menangis karena ungkapan emosional,maka tubuh akan mengeluarkan protein tertentu.

Protein tersebut adalah “protein albumin”.Dimana kandungannya dalam air mata sekitar 40%. Gunanya adalah untuk membantu metabolisme tubuh dan menghasilkan senyawa yg berhubungan dengan mood baik.Jadi,siapa saja yg kurang baik suasana hatinya, menagislah sepuasnya supaya tidak depresi dan menjaga mood baik.

4. Mengeluarkan Zat Racun
Di dalam tubuh manusia umunya terdapat zat racun,baik itu dari asupan makanan maupun dampak metabolisme tubuh.Oleh karena itu,zat racun dalam tubuh perlu dikeluarkan. Nah, selain lewat sekresi berupa keringat, urin dan kotoran,ternyata air mata juga demikian.

Menurut sebuah penelitian, dalam zat air mata yg keluar karena emosional terdapat zat racun.Zat tersebut dapat mempengaruhi metabolisme,sehingga menimbulkan rasa was-was,depresi atau kegalauan. Maka sebaiknya dikeluarkan,caranya ya dengan menagis itu. Secara tidak langsung,zat racun dalam tubuh akan keluar.

5. Mengurangi Tekanan dan Stres
Stres sangat tidak baik bagi tubuh,khususnya organ dalam.Karena stress dapat memicu munculnya penyakit pada jantung, lambung,hati dan paru-paru.Karena metabolisme terganggu pada saat pikiran lelah dan terserang stres.Stres sendiri terjadi umumnya akibat tekanan akibat beban pikiran.

Jadi sebaiknya tekanan dan beban pikiran tersebut dilepaskan atau dicurhatkan pada keluarga.Biasanya di saat curhat inilah kita dapat menumpahkan air mata.Artinya kita sudah melawan stres dan membuat pikiran tenang tanpa tekanan.Jadi secara tidak langsung kita akan luput dari penyakit yg timbul akibat stres.

6. Mempererat Ikatan Batin
Percaya atau tidak,menangis adalah cara menyampaikan perasaan tanpa kata yg paling efektif.Sama halnya dengan senyum,tangis juga dapat bermakna jamak.Ada tangis haru, tangis bahagia,tangis sedih bahkan tangis palsu.Secara langsung,orang yg melihat orang menagis akan tahu dan dapat segera membedakannya.Layaknya seseorang yg berkomunikasi tetapi menggunakan batin.

Pada tahap yg lebih tinggi,komunikasi batin dapat meningkat pada taraf ikatan batin. Dimana seseorang akan peka dan amat tahu tentang perasaan seseorang dan memahami keadaannya.Sehingga antara mereka saling merasa ada ikatan emosiaonal dalam batinnya.

7. Membuat Perasaan Lega
Biasanya tangisan yang dapat membuat lega adalah tangis haru.Dimana perasaan yg lama tertimbun,terikat seolah-olah lepas begitu saja.Seperti ada beban yg hilang dari diri kita. Umumnya,banyak orang menangis haru ketika setelah melewati suatu hal yg berat.Baik itu cobaan,perjuangan,kerja keras atau apa-pun.Setelah mereka melewatinya dengan sukses, air mata akan dengan sendirinya mengalir.

Baca Juga:Awas”Struk Atm Berbahaya Inilah Dampak Jika Mengambilnya

Kemudian setelah itu perasaan menjadi lega se lega leganya.Bahkan kadang kala tangisan tersebut sampai tak terkendali dan air mata yg keluar cukup banyak.Tidak apa-apa,justru itu bagus,karena air mata dapat menghasilkan horon relaksasi yang dapat menegendurka urat syaraf,kecepatan pacu jantung dan membuat pikiran plong. 

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.