Blog kesehatan untuk anda

Sabtu, 04 Februari 2017

Tips Praktis Perawatan Rambut Rontok

Walaupun dalam banyak kasus,rambut rontok bisa dikategorikan sebagai peristiwa alami,namun pada kenyataannya rambut rontok memang cukup membuat risih pemiliknya.Mungkin sesekali anda harus sering memunguti helai demi helai rambut dari atas meja rias atau lantai rumah anda.Atau bahkan kerap menemukan helaian rambut pada makanan? Terutama,rambut tipis tentunya akan menyulitkan anda dalam penataannya.Jadi,oke kita sepakat bahwa rambut rontok itu adalah sebuah masalah!Terlepas dari apakah penyebabnya karena penyakit tertentu,stress,atau dikarenakan masalah usia.

Berikut ini saya kumpulkan tips-tips praktis dan ringan mengenai cara merawat rambut rontok.Tips-tips ini mungkin tidak akan bisa menghentikan kerontokan rambut secara total,namun setidaknya bisa sedikit mencegah kerontokan yg lebih parah.

http://mustahabbah.blogspot.com/2017/02/tips-praktis-perawatan-rambut-rontok.html

1. Pilih Shampoo yg tepat
Banyak sekali jenis shampoo dengan berbagai fungsi yg saat ini beredar di pasaran.Terkadang,ada saja orang yg fanatik terhadap merk tertentu.Tidak bisa di salahkan memang,jika memang merk yg dipilih menyediakan produk unggul dan kontrol kualiti yg bagus.Namun,dalam hal ini,bukan tentang hal tersebut.Shampoo yg baik adalah shampoo yg sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut anda.Untuk rambut rontok,anda bisa memilih shampoo yg disiapkan utk mencegah penuaan dini pada rambut sehingga bisa membuat rambut anda lebih kuat dan penuh vitalitas.

2. Gunakan Kondisioner Khusus utk Rambut Rontok Hanya di Ujung Rambut
Seperti juga shampoo,anda juga perlu menggunakan kondisioner yg khusus utk rambut rontok.Gunakan kondisioner tersebut sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Dan jangan lupa,jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala secara langsung karena akan membuat rambut tampak lemas dan oleh karenanya tampak menipis.Gunakanlah kondisioner hanya pada bagian ujung rambut.

3. Jangan Gunakan Kuku utk Menggosok Rambut saat Keramas
Kuku anda mungkin perlu di potong pendek utk mencegah kerontokan lebih parah akibat digunakan menggosok kulit kepala saat keramas.Utk menggosok rambut,gunakanlah ujung jari anda.

4. Cuci Rambut Sampai Bebas dari Busa
Menggunakan shampoo saat keramas tentunya akan membuat rambut tertutup busa dari shampoo tersebut.Nah,bilaslah sampai benar-benar bersih!sampai helai demi helai rambut anda benar-benar terbebas dari busa.Kenapa?Karena sisa-sisa busa tersebut bisa membuat rambut anda bertambah lemah.

5. Keringkan Rambut Perlahan
Jika anda biasa mengeringkan rambut dengan cara mengusut-kusutkan rambut secara kasar,atau menggunakan hair dryer dengan suhu panas,hentikan kebiasaan tersebut.Mengeringkan rambut cukup dengan menekan-nekan rambut secara perlahan dengan handuk sampai air meresap dan kemudian kering.Akan lebih baik jika rambut anda dibiarkan kering secara alami.Tidak apa-apa menggunakan hair dryer,namun turunkan suhunya.Cukup dengan suhu rendah dan meniupkannya perlahan kepada bagian demi bagian rambut yg basah.

6. Gunakan Sisir yg Tidak Terlalu Rapat dan Tidak Terlalu Tajam
Menggunakan sisir yg rapat dan tajam bisa merusak rambut dan terkadang bisa melukai kulit kepala.Oleh karena itu,utk mencegah kerontokan yg lebih parah silahkan anda menggunakan sisir yg bergigi jarang dan tumpul.

7. Menyisir secara Terbalik dari Belakang ke Bagian Depan Kepala
Ngapain,nih? Ini adalah salah satu tips agar rambut rontok anda terlihat lebih tebal.Mungkin anda bisa mencobanya.Kecuali sudah parah kerontokannya. Sisirlah rambut dari belakang ke depan,kemudian jangan lupa utk merapikannya.Dengan begitu,rambut anda akan tampak tidak terlalu tipis.

8. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat
Jika anda kerap berpenampilan dengan rambut terikat,baik itu dikepang atau di ikat kuncir kuda,jangan mengikatnya terlalu kuat.Hal tersebut akan menambah beban pada rambut rontok anda.

9. Memotong Rambut
Nah,yg ini masih berhubungan dengan cara berpenampilan utk pemilik rambut rontok.Jika saat ini rambut anda terbilang panjang,potonglah rambut anda. Potongan rambut pendek akan membantu menciptakan tipuan mata sehingga yg rambut anda terlihat tidak terlalu tipis.

10. Perawatan Tambahan Khusus utk Rambut Rontok
Kadang-kadang anda akan membutuhkan perawatan tambahan utk rambut rontok anda anda.Anda bisa menggunakan perawatan tambahan berupa serum, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

11. Jangan Creambath,pilih Masker
Salah satu ritual creambath adalah memijat-mijat kulit kepala dengna tekanan yg cukup kuat.Utk pemilik rambut sehat, mungkin cara ini cukup baik utk membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala,namun utk pemilik rambut rontok,pijatan kuat malah akan merangsang kerontokan rambut lebih parah. Alternatifnya anda bisa menggunakan masker rambut yg mempunyai kandungan khusus utk perawatan rambut rontok.

Demikian 11 tips praktis perawatan rambut rontok ini,seperti yg disebutkan di atas,tips tips ini mudah-mudahan bisa mencegah terjadinya kerontokan lebih parah.

Tips Praktis Perawatan Rambut Rontok Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.