Blog kesehatan untuk anda

Fakta Kurang Tidur

Ini 10 Tanda Anda Kurang Tidur-PERGI ke kantor dengan perasaan tidak semangat? Mungkin Anda perlu memperbaiki pola tidur yang buruk dan dapat berdampak terhadap kesehatan. Tidak hanya kurang bersemangat, ada beberapa tanda Anda kurang tidur. Berikut 10 tanda Anda kurang tidur yang dilansir Thehealthsite, Senin (8/8).

Lapar sepanjang waktu

Jika memiliki favorit makanan cepat saji dan terus ingin mengonsumsinya sepanjang hari, maka ada kemungkinan Anda kurang tidur. Sebuah studi dalam Journal of Sleep Research menunjukkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan aktivasi sistem stres yang menyebabkan rasa lapar dan perubahan hormonal, sehingga mengakibatkan meningkatnya konsumsi makanan favorit.

Fakta Kurang Tidur

Berat badan bertambah

Jika berat badan bertambah tanpa sebab, maka periksa waktu tidur Anda. Karena, kurang tidur akan meningkatkan hormon ghrelin yang mendorong rasa lapar. Jika Anda makan untuk memuaskan selera dan tidak membakar kalori setelahnya, maka akan menjadi mudah gemuk.

Sering bangun untuk ke toilet

Mereka yang hamil atau mengalami pembesaran prostat cenderung buang air kecil lebih sering sepanjang malam. Hal ini menyebabkan bangun setiap saat yang berakibat Anda kurang tidur.

Tertidur menjelang pagi

Jika sulit tidur akibat stres yang membuat terjaga sepanjang malam, maka ada kemungkinan akan tertidur menjelang pagi. Hal ini sering terjadi pada seseorang yang stres terhadap pekerjaan.

Bangun terlalu pagi

Salah satu alasan seseorang terbangun terlalu pagi adalah ritme sirkadian yang buruk. Hal ini terjadi sebagian besar karena insomnia terkait usia, di mana waktu tidur malam terpecah-pecah. Akibatnya, Anda bangun di pagi dengan rasa yang sangat lelah.

Produktivitas mencapai titik terendah

Mengerjakan hasil presentasi semalaman mungkin tidak berjalan maksimal keesokan harinya. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur di malam hari mempengaruhi fungsi kognitif seseorang dan mengganggu konsentrasi. Bahkan, kurang tidur juga meningkatkan risiko kecelakaan saat perjalanan ke kantor.

Mulut kering

Seringkali seseorang yang menderita Obstructive Sleep Apnea (OSA) bangun tidur dengan mulut kering, karena tidak mendapatkan cukup udara untuk bernapas.

Sakit kepala saat bangun

Sakit kepala di pagi hari juga bisa menjadi tanda kurang tidur. Menderita gangguan tidur juga bisa menjadi alasan untuk sakit kepala.

Mudah marah

Tidur dapat mempengaruhi kondisi emosional seseorang. Mengurangi kuantitas dan kualitas tidur dapat meningkatkan agresi yang artinya seseorang lebih mudah marah.

Menggangu kehidupan seks

Jika Anda kurang tidur, maka sulit menjadi pasangan kebahagian di tempat tidur, terutama untuk pria. Pada pria, perubahan hormonal pada testosteron akibat kurang tidur berdampak buruk terhadap kehidupan seksual. Karena, kurang tidur mengurangi kadar testosteron pada pria yang menyebabkan disfungsi seksual. (*/rahmat)

Fakta Kurang Tidur Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER