Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 20 Juli 2018

Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat

Kolesterol tentunya bukan istilah asing lagi bagi kita semua, ada kolesterol jahat dan ada pula kolesterol baik. Kolesterol jahat sering disebut dengan istilah Low-density liprotein atau disingkat LDL. Bila kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi maka akan menyebabkan terjadinya penyumbatan arteri (pembuluh nadi). Sebelum membahas lebih lanjut tentang kolesterol jahat, ada baiknya bookmark dulu artikel tentang Menghindari gagal ginjal ini, mungkin anda atau saudara juga membutuhkan.
Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat

LDL atau kolesterol jahat terbentuk oleh endapan senyawa Asam Lemak yang tidak terserap dengan benar oleh Transporter Asam Lemak. Para pengunjung Tips Kesehatan yang super tahukan anda jika kolesterol jahat di dalam darah kita terlalu tingga maka akan membentuk dinding pada bagian dalam pembuluh nadi atau arteri. Kemudian akan membentuk plak bersamaan dengan senyawa lainnya. Terbentuknya gumpalan darah dan terseumbatnya arteri akan memicu serangan jantung dan juga stroke.

Untuk mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke tentunya kita harus mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam darah kita, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengontrol pola makan kita, apa saja makanan yang dapat menyebabkan penimbunan kolesterol jahat harus di ketahui sejak dini.

Jika saat ini anda memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, maka yang diperlukan adalah menurunkannya, dan dibawah ini adalah beberapa daftar makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang Tips Kesehatan Super persembahkan untuk para pembaca yang super.

Kacang – kacangan

Berbagai jenis kacang – kacangan seperti kacang kenari, kacang tanah, dan edamame terkandung lemak omega 3 dan juga antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh nadi atau arteri.

Buah Tomat

Buah tomat selain mermanfaat untuk sayuran ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain memiliki kandungan Vitamin C dan A yang tinggi buah tomat memiliki kandungan Lycopene sebagai antioksidan. Nah kandungan lain dalam tomat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat ada pada gel di luar biji tomat, gel tersebutlah juga sangat berkhasiat mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke. Buah tomat dapat dimakan langsung ataupun disajikan dalam bentuk jus. Meminum 2 gelas jus tomat setiap hari nya baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Buah Delima

Buah Delima mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah delima jika di konsumsi memiliki fungsi untuk mengurangi plak yang ada di pembuluh nadi atau arteri dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat.

Buah Alpukat

Di dalam buah Alpukat terkandung lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low-density lipoprotein). Cara mengkonsumsi buah alpukat yang paling mudah dan nikmat adalah dengan di buat jus atau alpukat kerok.

Buah Anggur Merah

Di dalam buah anggur merah terkandung resveratrol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam pembuluh nadi. Zat resveratrol tersebut mampu mengurangi endapan yang ada di dalam arteri atau pembuluh nadi, dan mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat, selain sering dijadikan pelengkap bumbu masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, hal tersebut terjadi karena di dalam bawang putih mengandung allicin dan aliin yang mampu menjadi pencegah kolesterol jahat dan mencegah serangan jantung. Biasakan perbanyak bawang putih dalam masakan anda jika anda sedang menjalani program penurunan kolesterol jahat.

Tahu dan Tempe

Tempe dan Tahu memilik kandungan protein yang sangat tinggi, lebih tinggi dari bahan bakunya yaitu kedelai. Protein dalam tempe dan tahu memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low-density lipoprotein) dan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL (High-density lipoprotein). Karena tempe mengandung protein nabati maka tempe dan tahu dapat mencegah terjadinya serangan jantung, selain itu tempe dan tahu juga bermanfaat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mencegah tentu saja lebih baik dari mengobati, sebelum anda mengalami kadar kolesterol jahat yang tinggi maka lebih baik menjaga pola makan dari sekarang. Terimakasih para pembaca super yang setia membaca sampai selesai, semoga anda yang sedang memiliki kadar kolesterol yang jahat dapat mengurangi nya dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar koelsterol jahat di atas secara teratur. Semoga anda sehat selalu.

Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER