Blog kesehatan untuk anda

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan::Mengkudu merupakan salah satu pohon Obat Keluarga (TOGA) yg mudah dibudidaya di perkebunan dekat rumah. Buah yg juga dinamakan  Pace ini asalnya dari Asia bagian Tenggara; termasuk kedalam family Rubiacea. Di pergunungan kita bisa menanamkan pohon ini dan menikmati buahnya waktu masak, cara tumbuhnya tentu lebih subur karna buah pohan ini amat cocok di dataran tinggi yang ketinggiannya 1500 meter. 

Buah mengkudu yang muda berwarna hijau mengkilat dengan totol-totol serupa totolan di buah nenas. Sementara itu buah yg telah masak atau tuanya akan berwarna putih dan banyak bintik hitamnya di lapisan bagian luar.

Sudah turun temurun buah mengkudu digunakan untuk obat alami, seperti di  Aceh yang sangat hobi menggunakan mengkudu jadi sayur dan bahan rujak.Warga Aceh juga menyukai menggunakan daun mengkudu untuk menu berbuka puasa ramadhan. Hal itu berimbang karna pohon mengkudu bisa di tanamkan  dipekarangan rumah di Aceh. 


Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Ada beberapa daerah di Nusantara mempunyai nama yang bermacam-macam buat buah mengkudu ini. Diantaranya Kemudeei,NAD Aceh) Khudu (Pulau Jawa); Cangkudu (Jawa Barat,Sunda), Koadhuk (Madura), Weingkudu (D Bali) dan  banyak lagi yang lainnya. Buah mengkudu yang  mentah kebiasaannya dipakai buat cmpuran rujaknya. Sedangkan buah matangnya digunakan untuk obat alami.

Biarpun aromanya  tak enak di hidung kita, Tetapi buah mengkudu yg telah masak di pohonnya mempunyanyi banyak khasiat untuk obat.dikarenakan adanya  kandungan zat didalam buahnya, antara lain morinda diyol, morindone, morindin, damnacanthal, methil asethil, asam kapryil dan sorandiyiyol.

Ada beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang diolah secara tradisional disertakan dengan cara dan pengobatan.adalah seperti berikut ini:

Untuk Mengatasi Hipertensi
Bagi anda yg terkena Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan pengobatan alami buah mengkudu. resepnya yaitu, siapkan 2 buah Mengkudu yg sudah matang di pohonnya dan 1 sdm madu. Buah mengkudu anda peras untuk ambillah air dari sari buah,kemudian campurkanlah dengan madu asli seperlunya. Campuran ini anda minum 2 hari sekali.

Untuk Menyembuhkan Batuk 
Khasiat buah mengkudu yg lainnya yaitu untuk megobati batuk anda. Resepnya ialah dengan mengolah bahannya yang terdiri dari 1 buah mengkudu masaknya dan ½ genggam daun po (bejanggut). Kdua bahan itu rebuskan dngan 2 cangkir air hingga tinggal tersisa jadi 1 gelas. Saringkan airnya, Kemudian minum 2 kali sehari setiap pagi dan sorenya.

Obat Sakit Perut
Manfaat buah mengkudu yg seterusnya yaitu untuk obat sakit perutkita. Jika di antara se keluarga ada yg terjadi sakit perut, ambilkan saja 2-3 lembar daun mengkudunya. Sesudah dicuci bersih,lalu tumbukkan halus,tambahkan garam dan seduh di air yg panas. Sesudah dingin, airnya saringkan dan anda minum.

Untuk Mengobati Sakit Kuning
Bahan dibutuhkan yang pasti ialah 2 buah Mengkudu yg sudah matang di pohonnya dan 1 potong gula batunya. Cara mengolahnya, buah mengkudu tersebut diperaskan untuk diambilkan air sarinya, kemudian campurkanlah dngan madu asli sehingga mrata. Saringlah airnya, minumlah dan diulangi dua hari sekali.

Demam, Masuk angin dan infuenza
Bahan yang diperlukan ialah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencurnya. Kedua bahan itu direbus dngan 2 cangkir air hingga mendidih dan  tinggal sisanya 1 cangkir. Sesudah dingin, airnya saringkan dan ramuan itu anda minum 2 kali sehari, setiap pagi dan sorenya.

Untuk Mengatasi kulit yg bersisik
Buah mengkudu yg telah matang di pohonnya mempunyai banyaknya khasiat. Salah satunya ialah bagi kecantikan, buah mengkudu bisa dijadikan buat menghaluskan kulit kita. Resepnya adalah, bahagian kulit yg bersisik itu gosokkan dengan buah mengkudu matang hingga rata semua, dan biarkan lamanya 5 hingga 10 menit,Kemudian bersihkanlah dngan kain yg bersih yang anda basahi dngan air hangat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan Sekarang ini, buah mengkudu yang telah dijadikan ekstrak obat dan dijual dalam kemasannya. Baik didalam berbentuk sirup ataupun jusnya.

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah