Blog kesehatan untuk anda

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan - Puasa tidak sekedar beribadah bagi umat islam tapi juga memberikan manfaat untuk anggota tubuh yang berpuasa.Jika disertai dengan mengosumsi makanan sehat pada waktu sahur dan berbuka nantinya, manfaat berpuasa akan lebih optimal tentunya.Mari, kita simak beberapa manfaat puasa bagi kesehatan.
Pada waktu berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan aproprotein alfa1, dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembulah darah kita. beberapa penelitian “khronobiological” menunjukkan saat puasa ramadhan berpengaruh untuk nada turun distribusi dari suhu anggota tubuh kita, hormon kortisul, melatonin dan glisumia.Jenis perubahan yang ringan itu nampak juga berpungsi untuk peningkatan kesehatan tubuh manusia.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/06/manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html

Keadaan Kondisi psikologis yang tenang,nyaman dan tidak dipenuhi rasa marah saat berpuasa ternyata dapat menurunkan adreanalin kita.saat emosi terjadi naik sejumlah adreanaline sebesar 20 hingga 30 x lipatnya. Adreanaline akan mengecil kontraksi otot di empedeu, membuat sempit pembuluh darah priver, memperluas pembuluh darah kronernya, tingkatkan daya tekanan darah terial dan bertambah isi darah di jantung serta jumlah detak jantung. Adreanaline pula tambah membentuk kolestrol dari lemak protein padat ke bawah.Jenis hal-hal ini ternyata bisa tingkatkan risiko penyakit pada pembuluh darah, otak dan jantung seperti jantung koroner, stroke dan yang lain-lain.

Sejumlah sel yang mati pada tubuh kita mencapai sampai 125juta per detiknya,tetapi yang lahir dan muda lebih banyak pula.Pada saat puasa terjadi variasi dan konfersi yang masih dalam asam amino yang ter akumulasi dari makanan yang kita makan. Sebelum mendistribusi ke dalam tubuh terjadi format ulang.hingga mampu berikan kesempatan tunas yang baru sel untuk perbaiki dan meresturasi kinerja dan fungsinya. Cara mengesumsi makanan waktu puasa bisa mensaplay asam amino dan asam lemak terpenting saat menyantap sahur dan saat buka puasa.sampai terbentuk tunas protein baru,  fosfat, kolestrol,lemak dan untuk membangun sel dan hilang sel lemak yang mengumpal  di hati kita.

Puasa bisa turunkan kadar gula darah, kolesterol dan normalkan tekanan darah. Itu alasannya, berpuasa sanagat dianjurkan untuk mengobati  kolestrol tinggi,diabetes,karna gemuk dan darah tinggi. Dalam kondisii tertentu,seseorang penderita  disarankan berpuasa, kecuali untuk mereka yang menderita diabetes yang sudah parah, batu ginjal dan jantung koroner.

Berpuasa dapat menjaga perut yang penuh dikarnakan banyak mengkonsumsi makanan yakni sebab yang pertama pada berbagai macam penyakit khusus penyakit hiperkolesterol,diabetes,obesitas dan penyakit yang dikarnakan oleh lebih nutrisi yang lain.

Baca juga Artikel lainnya : Makanan Yang Berprotein Tinggi

Sedang khasiat berpuasa jika dilihat dari segi kesehatan adalah untuk bersih usus, normal kinerja pencernaan, hilangkan tubuh dari endapan makanan dan ampas,untuk mengurang gemuk dan lebih lemak pada perut.

Termasuk manfaat puasa yang lain ialah menghilangnya hawa nafsu. Sebab berlebihan, baik dalam makanan ataupun minuman serta bulan madu bersama pasangan,untuk tak bisa mengarah nafsu berbuat kejahatan,dan tak mensyukuri nikmat-Nya dan akibat lengah.

Untuk berhenti mengesumsi air selama puasa cukup efektif untuk tingkatkan konsentrasi urin didalam ginjal  dan tingkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 cc osmosis per cc air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan mampu berikan perlindungan pada pungsi ginjal anda. kurangnya air selama puasa ternyata bisa meminimal volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kerja mekanisme lokal pengaturan pembuluh darah serta menambah prostag landin yang akhirnya memacu fungsi dan kinerja sel darah merah.

Dalam keadaan puasa ternyata dapat tingkatkan sistem kekebalan pada tubuh anda.Studi Penelitian tunjukkan pada waktu puasa terjadi tingkatan limfosit hingga 10 x lipat.Meskipun semua sel darah putih tidak bervariasi ternyata sel itu mengalami kenaikkan yang melonjak,Perubahan aksi dental lipo protein yang padat rendah (LDL), tanpa diikut  tambahan HDL. LDL adalah type lipo protein yang memberikan pengaruh situ mulatif untuk respon imunitas pada tubuh.

Pada studi pelitian yang baru tunjukkan yaitu terjadinya penurunan kadar apobetta, naik kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi `tersebut dapat menghindari serangan  jantung dan pembuluh darah.

Penelitian endo krinologi tunjukkan bahwa pola menu makanan waktu puasa yang bersifat rotatif menjadikan beban dalam asimilasi makanan pada tubuh. Keadaan ini akibatkan pengeluaran hormon sistem cerna dan insuline dalam jumlah besar,Penurunan berbagai hormon itu ialah suatu rahasia hidup panjang jika  ajal belum menjemput.

Khasiat lain dalam studi penelitian pada kesuburan pria. Dalam studi penelitian itu dilaksanakan penelitian pada hormon testoteron,lemotin,hormon sitimulating folikel (FSH)dan hormao prolaktin, Ternyata hasil pada akhirnya kesimpulan studi penelitian itu berpuasa berkhasiat dalam pembentukan sperma melewati perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh pada ke2 testis.

Manfaat berpuasa lain yang perlu diketahui penelitian lebih jauh yaitu pengaruh berpuasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti yaitu fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinic sipenderita.Studi Penelitian itu mengungkapkan bahwa ada korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral didalam membunuh bakteri.

Dalam suatu jurnal endokrin dan metabolisme melaporkan studi penelitian berpuasa berkaitan dengan hormon dan kemampuan seksual pria.Studi Penelitian itu melihat kadar hormon jantan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH),ada perubahan kadar beragam hormon itu dalam setiap minggunya,didalam tahap pertama didapati penurunan hormon testoteron yang berakibatkan penurunan nafsu seksual tapi tak menganggu jaringan kesuburannya,Akantetapi hanya bersifat sementara dikarenakan beberapa hari sesudah berpuasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat jadi pesat melebihi dari sebelumnya.

Seorang peneliti di Moskow melakukan studi penelitian pada 1000 penderita kelainan mental tergolong sizofrenia,Ternyata dengan berpuasa sekitar 65% ada perbaikan keadaan mental yang berarti,Bermacam studi penelitian lain menunjukkan ternyata berpuasa juga mengurangi risiko kompilkasi kegemukan tubuh, melindungi tubuh dari batu ginjal,meredamkan gejolak seksual dikalangan remaja dan penyakit lain yang banyak lagi

Pikiran kita yang lambat saat lapar, ternyata menjadi tajam. Secara insting, bukti kajian ilmiah ini dapat diterima terkait dengan bukti bahwa dalam sangat banyak hal, masalah kelaparan ialah masalah lanjut hidup. Jadi wajar saja, bila rasa lapar menjadi fikiran makin kreatif dan tajam. Sekumpulan mahasiswa/i pada University of Chicago diminta untuk puasa selama 7 hari. Selama waktu itu, terbukti yaitu waspada mental mereka bertingkat dan progres mereka dalam bermacam tugas kampus mendapat nilai “rhemarkable”.

Tergolong khasiat berpuasa ialah membuat sempit aliran darah yang merupakan jalan syetan pada diri anak cucu Adam. Karna syetan masuk kedalam diri anak cucu Adam melewati jalur aliran darah. Dengan puasa, maka ia aman dari gangguan syetan, kekuatan kemarahan dan nafsu syahwat. Karna itulah Nabi saw menjadikan puasa untuk membentengi untuk halangi nafsu syahwat perkawinan, hingga beliau perintah orang yang belum mampu menikah dengan puasa.

Seorang ilmuwan bidang jiwa yang bernama Dr. Ehret mengatakan bahwa untuk hasil yang lebih dari sekedar manfaat fisiknya, yakni supaya mendapat manfaat mental dari kegiatan puasa, seorang harus menjalankan berpuasa lebih dari 21 hari.Nah itulah Manfaat puasa bagi kesehatan semoga bermanfaat.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah