Blog kesehatan untuk anda

Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Puasa

Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Puasa - Puasa bisa turunkan kecepatan metabolisme tubuh anda,sehingga berpuasa jadi cara yang efektif mengatasi penambahan berat badan anda yang sering terjadi waktu berpuasa.

"Dengan proses metabolisme tubuh yang melambat, berat badan anda akan bertambah dengan mudah," dikatakan oleh Ketua yayasan gema sadar gizi, dr. tirta prawita sari dijakarta.

Pengurus Dokter Gizi Klinic indonesia tersebut mengutarakan,salah satu cara mengatasi penambahan berat badan waktu berpuasa ialah tetaplah beraktivity dan tak memanjakan tubuh.karena,dasarnya tubuh kita mempunyai asupan gizi yang cukup waktu sahur dan menghasilkan energi pada siang hari.

"Kita harus menjamin metabolisme tubuh itu tetap cepat. Sehingga,perlu beraktivitas yg tetap.Renungkan,bila usai makan sahur tidur, makanan yang anda makan akan disimpan dalam perut jadi lemak karna tak diproses jadi energi kita,"kata Tirta.

Menurut Tirta,berpuasa ada dampak berbeda di status gizi tiap orang,tetapi keberhasilan menjaga berat badan waktu puasa bisa diukur dari berat badan dan lingkar perut. "Ada badan orang terlihat gemuk,tapi lingkar perutnya mengecil, itu dapat dibilang berhasil dan sehat dibanding yang terlihat kurus tapi lingkar perut melebar dan justru membuncit,"katanya.

Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Puasa

Namun Secara logika kenapa waktu berpuasa berkurang pula makanan anda tapi tetap saja berat badan anda tak berkurang sama sekali.Hal itu dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor:
  1. Selama berpuasa, Anda hanya mengosumsi makanan diwaktu sahur sebelum waktu subuh lalu puasa seharian penuh.Kemudian akibatnya Anda justru mengosumsi makanan dalam sejumlah besar waktu berbuka.
    Apalagi,pola sajian makanan diwaktu puasa biasa ialah makanan yang tak terlalu “berat”diwaktu sahur,serta makan “berat” dan dalam sejumlah besar di saat berbuka.Selain itu, makan yang lemak tinggi dan karbohidrat tinggi biasa jadi pilihan buat buka.Oleh sebab itu,ada peningkatan sejumlah kalori total yang dikonsumsi,terutama diwaktu berbukanya.Bukan hanya turun,malah berat badan bisa melunjak naik.
  2. Penyebab lainnya selama berpuasa Mengkonsumsi makanan yang manis seperti cokelat,kolak,atau buah kurma berlebihan. Faktor aktifity juga berfungsi.pada umumnya,aktifitas dengan intensitas tinggi kebanyakan dikurangi disaat berpuasa,sementara aktifitas menonton TV, serta baring dan duduk kebanyakan yang dilakukan.
  3. Proses Metabolisme tubuh berubah waktu berPuasa. Tubuh anda akan menyesuaikan serta menurunkan laju metabolisme basal tubuh anda.metabolisme basal tubuh ataupun BMR (basal metabolic rate) ialah energi yang dikeluarkan dalam kondisi istirahat. Nilai BMR pula jadi dasar perhitungan pengeluaran kalori dalam tiap aktifitynya.Nah,penurunan BMR ini mengakibatkan energi yang dikeluarkan untuk aktifity waktu berpuasa,lebih sedikit daripada yang dikeluarkan di saat tak puasa,biarpun kegiatan aktifitas tak berubah.
“ Jadi, bisa tidak tetap menjalani diet sehat waktu berpuasa?jangan takut lemas ya!”
diet di waktu berpuasa dapat saja anda lakukan!
 Justru menjadikan puasa ini sebagai waktu yang cocok untuk kita sekaligus diet dengan mengubah cara konsumsi makanannya menjadikan lebih seimbang biarpun kalorinya sedikit.
Itulah Beberapa tips kecil bagi Anda supaya dapat menurunkan berat badan waktu berpuasa dan bukannya mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan ya.terima kasih atas kunjungannya sahabat semua.

Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Puasa Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah