Blog kesehatan untuk anda

Asal-usul Bunga Melati Dan Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan-Bunga melati selalu berwarna putih.Meskipun mempunyai ukuran yg bias dikatakan kecil tapi mengeluarkan aroma terapi yang dapat dimanfaatkan dalam kesehatan,terutama dalam refleksi dan menghilangkan stress.Jasminum sambae merupak bunga majemuk,memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun.Susunan bunganya menyirip dan berhadapan.Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai,disambung dengan tangkai bunga.Saat mekar bunga yang memilki 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga.Bunga Jasminum sambae punya andrecium (alat kelamin jantan) ditandai dengan adanya stamen yang terdiri dari kepala sari,tangkai sari,kotak sari,dan serbuk sari dan juga mempunyai alat kelamin betina yg terdiri dari kepala putik,tangkai putik dan bakal buah.Namun alat kelamin ini tidak produktif sehingga tidak menghasilkan buah.Posisi stamen berada dalam rongga tangkai bunga,tidak terlalu terlihat dan untuk mengamatinya harus membelah bunganya terlebih dahulu.Posisi kepala putik lebih pendek dibandingkan kepala sarinya.Bunga ini dapat mekar selama 2 hari kemudian mahkotanya berubah warna menjadi ungu kebiru-biruan.

Ciri-ciri Bunga Melati
Batang
Menurut jenis batangnya, tumbuhan ini dapat digolongkan sebagai semak, batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter.Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang.
Daun
Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip (pinnatus),artinya daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan. Kedudukan daun batang (filotaksis) berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja,berbentuk ovate,pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing,seperti daun-daun yang biasa digambarkan.Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang.Permukaan daun agak berkerut seperti daun jambu biji dengan pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval.Jadi terkesan pertulangan daunnya agak melengkung.

Tanaman Bunga Melati
Jasminum sambac
Klarifikasi Bunga Melati
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Scrophulariales
Famili : Oleaceae
Genus : Jasminum

Manfaat Bunga Melati

Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada didalamnya. Kandungan kimia yg ada tersebut antara lain indol,benzyl,dan livalylacetaat.Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun,akar dan bunganya.

Berikut ini cara pengobatan tradisional menggunakan bunga melati :


1. Sesak Nafas

Rebuslah 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.Setelah dingin,air rebusan daun melati tersebut disaring.Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore.

2. Demam dan Sakit Kepala

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami demam, jangan panik.Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati,kemudian diremas-remas dengan tangan.Setelah layu dan agak hancur,rendam dalam air.Air rendaman ini digunakan untuk mengompres dahi.Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala ringan.

3. Disengat Lebah atau Serangga Lain

Jika Anda tiba-tiba disengat lebah,ambillah satu genggam bunga melati,kemudian diremas-remas sampai halus.Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yg digigit serangga atau disengat lebah.
4. Sakit Mata(Tips Menjaga kesehatan Mata)

Anda pernah mengalami sakit mata,seperti mata merah karena iritasi ataupun belekan?Sebenarnya kondisi tersebut bisa diatasi dengan daun melati.Caranya,ambil satu genggam daun melati,kemudian dipipis halus.Tempelkan pada dahi diatas mata,kalau kering ganti dengan ramuan baru.

5. Menghentikan ASI Berlebihan

Terkadang, ada ibu menyusui yg ASI-nya keluar terlalu banyak.Bahkan saat sang bayi tidak menyusu pun ASI tetap keluar.Hal ini tentu cukup merepotkan,namun bisa diatasi dengan ramuan bunga melati.Caranya,satu genggam daun melati dipipis halus,kemudian ditempelkan pada sekitar buah dada.Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

Bunga melati mempunyai banyak nama dan sebutan.Orang sunda menyebutnya malati, orang jawa menyebutnya melur.Di madura,orang menyebut melati dengan malate dan orang Bali menyebutnya menuh.Sementara orang luar,seperti di Inggris,merek menyebutnya Jasmine,orang arab menyebutnya Yasmin. 

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/10/asal-usul-bunga-melati-dan-manfaat.html


Asal Usul Bunga Melati
Bunga melati adalah simbol nasional bangsa Indonesia,disebut juga sebagai " puspa bangsa ". Di Indonesia,bunga melati digunakan untuk berbagai keperluan,misalnya untuk hiasan rambut mempelai wanita,perlengakapan upacara adat,dan lain sebagainya.Di Jawa,bunga melati dikenal juga sebagai bunga melur.bunga melati merupakan tanaman semak berbatang tegak yang dapat berbunga sepanjang tahun.Bunganya berwarna putih mungil dan menebar bau harum.
Bunga Melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan.Tanaman perdu ini tersebar mulai dari daerah Hindustan,Indochina, Malaysia,hingga ke Indonesia.Bunga melati putih ditetapkan sebagai puspa bangsa,satu diantara tiga bunga nasional Indonesia.
Melati (Jasminum sambac) merupakan tanaman perdu,berbatang tegak merayap,hidup menahun. Melati tumbuh baik di iklim panas tropik,kondisi tanah ringan,porus,berpasir sampai agak liat.Bunga melati berukuran kecil,umumnya berwarna putih,petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Daun bentuk membulat.
Ada sekitar 200 jenis melati yang sudah teridentifikasi,tetapi hanya 8-9 jenis yang umum dibudidayakan.Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan kepada bunga melati seperti, menuh (bali),Meulu Cina,Meulu Cut (Aceh),Malete (Madura),Menyuru (Banda),Melur (Gayo dan Batak Karo),Manduru (Menado),dan Mundu (Bima,Sumbawa).
Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana.Melati memiliki bunga berwarna putih suci. Melati memiliki aroma yang lembut menenangkan.Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit.Harga melati yang merakyat (relatif murah).Dari semua kelebihan melati itu,tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga bangsa,salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia.
Cara Reproduksi Atau Penembangan Bunga Melati
Perbanyakan merupakan salah satu aspek vital dalam pengembangan tanaman melati,karena produksi dan kualitas produk yang baik dan optimal ditentukan oleh kualitas bibit.Tanaman melati pada umumnya dapat diperbanyak melalui biji,setek,cangkok dan rundukan,namun secarakomersial melati diperbanyak dengan setek.
Setek
Teknik perbanyakan vegetatif terutama dengan setek merupakan salah satu cara yang efisien dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bibit melati dalam skala besar dalam waktu yang cepat dan mudah dibanding cara cangkok.Pembuatan setek adalah mengusahakan perakaran dari bagian cabang tanaman melati yang mengandung mata dengan memotong dari batang induknya untuk disemai.
Beberapa faktor seperti media tanam setek,bahan setek,media dan lingkungan tempat tumbuh dapat mempengaruhi keberhasilan penyetekan.
Media Tanam Setek
Salah satu factor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan penyetekan pada berbagai jenis melati adalah media tanam setek.Media yang baik mempunyai porositas cukup,aerasi baik,drainase baik, kapasitas mengikat air tinggi dan bebas patogen.Keragaan hasil penelitian pada beberapa media tanam setek pada melati dilaporkan bahwa media arang sekam,zeolit (ukuran sebesar butiran pasir)pasir ialah media altematif baik(Wuryaningsih,1997a;Wuryaningsih dan Andyantoro,1997).
Bahan Tanaman
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan penyetekan melati adalah kondisi bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan setek.Hampir semua organ tanaman dapat digunakan sebagai bahan setek,namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah: bahan setek merupakan batang/cabang yang muda dan subur,dalam kondisi pertumbuhan aktif (Leopold dan Kriedeman,1975),bagian tanaman dengan keseimbangan karbohidrat tinggi dan nitrogen rendah, mempunyai persedian bahan makanan yang cukup (Hartman dan Kester,1983),diambil dari tanaman induk yang sehat,sudah dewasa dan pernah berbunga.Penggunaan tanaman induk yang masih kecil dan belum pemah berbunga atau pada masa pertumbuhan vegetatif akan memperlambat waktu berbunga tanaman baru yang dihasilkan.Sedangkan bibit yg berasal dari tanaman induk dewasa dan pernah berbunga akan lebih cepat berbunga.
Lihat juga: Tips Menjaga Kesehatan Secara Alami
Hampir semua bagian tanaman dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan.Mudah tidaknya membentuk akar dan tunas tergantung pada aktivitas auksin yang berasal dari tunas dan daun. Dengan zat pengatur tumbuh akar akan menginduksi dan menyebabkan produksi akar bertambah. 
Demikianlah Bahasan Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan semoga Bermanfaat untuk anda.

Asal-usul Bunga Melati Dan Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah