Blog kesehatan untuk anda

Kamis, 01 Oktober 2015

Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan- Selama ini kita mengenal kangkung sebagai sayuran yg harganya murah meriah,tetapi siapa sangka ternyata daun kangkung memiliki manfaat dan khasiat yg luar biasa.Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yg sangat populer di Indonesia,sayuran yg sering dijadikan sayur tumis ini ternyata berasal dari Negara India.Tanaman kangkung dibagi menjadi dua jenis,yaitu kangung air (lpomoea aquatica sp) dan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir). Kangkung air memiliki batang yang merambat seperti ubi jalar dengan daun yg pendek dan tumpul, sedangkan kangkung darat memiliki batang tegak dengan ujung daun agak memanjang dan runcing.
Kandungan khasiat daun kangkung

Kangkung mengandung zat seperti vitamin A,vitamin B1,vitamin C,protein,kalsium,fosfor,zat besi.Pada kangkung terdapat 2, 5 mg/100g, Zat besi,sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.Kangkung itu termasuk suku Convolvulaceae Tanaman ini tumbuh cepat bisa memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu.Kangkung sangatlah populer.kadang dibuat tumis,cah,atau lalap.Kangkung ternyata berkhasiat sebagai antiracun bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan.Tanaman ini berasal dari India,yg kemudian menyebar ke Malaysia,Indonesia,Cina Selatan,Australia,dan Afrika.DiCina,kangkung dikenal sebagai weng cai.Di Eropa,kangkung biasa disebut swamp cabbage atau water spinach.
Kangkung adalah pembangkit tenaga bernutrisi yg bermanfaat bagi tubuh kulit dan otak,berisi air, zat besi,vitamin C,vitamin A dan nutrisi lain dan dapat dimakan mentah atau dimasak.
http://mustahabbah.blogspot.com/2015/10/manfaat-daun-kangkung-untuk-kesehatan.html

Manfaat Kandungan Kangkung untuk Kesehatan

Untuk Mengurangi Kolesterol 
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol secara alami,konsumsi kangkung adalah hal yang tepat,Sebuah penelitian yang sudah dilakukan telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung telah mengakibatkan penurunan kadar kolesterol serta Triglycoside.

Untuk Mengobati Anemia
 
Kangkung kaya akan zat besi, daun kangkung muda sangat bermanfaat bagi penderita anemia serta ibu hamil yang membutuhkan zat besi dalam diet mereka. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

Sebagai obat Sembelit
 
Kangkung kaya akan serat memberikan bantuan pada pencernaan secara alami.bersifat pencahar ringan yang bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan.Jus kangkung juga bisa melonggarkan sembelit.


Untuk Anti Diabetes
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin bayam air membantu dalam mengembangkan perlawanan terhadap diabetes diinduksi stres oksidatif.Hal ini juga digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil

Bermanfaat untuk Mata
Kangkung memiliki kandungan karotenoid,vitamin A dan lutein.Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan mata.Bayam air ini juga meningkatkan tingkat glutathione,yang memainkan peran penting dalam mencegah katarak.
Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kangkung berlimpah nutrisi,sayuran berdaun hijau ini adalah cara yang murah dan alami meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitaminC.Konsumsi sayuran berdaun hijau ini secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Kangkung memberikan kontribusi untuk tubuh secara sehat dengan menetralkan dan menghilangkan racun
Baca juga:Resep Bak Pia Kacang Hijau Khas Sabang

Untuk Anti-penuaan
Sayuran berdaun hijau seperti kangkung kaya akan antioksidan kimia yg mencegah kerusakan akibat radikal bebas dari sel-sel dalam tubuh,membuat sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan meminimalkan kerutan sampai batas yang signifikan.dengan mengkonsumsi rutin sayuran ini dapat mencegah dan merawat kulit dari penuaan. 
Nah Itulah Beberapa Manfaat Dan khasiat Daun Kangkung untuk kesehatan,semoga bermanfaat untuk anda.

Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.