Blog kesehatan untuk anda

Kamis, 12 November 2015

Manfaat Beras Organik Untuk Kesehatan

Barangkali Anda sudah banyak yg tahu apa itu beras organik, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita review sedikit tentang beras organik, khasiat dan manfaatnya terhadap kesehatan kita.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/11/manfaat-beras-organik-untuk-kesehatan.html


Apa itu Beras Organik?

Beras organik ialah beras yg dihasilkan melalui proses-proses organis yg ditanam dan disemai di tanah yg ramah lingkungan, 100% tidak menggunakan pestisida kimia dari awal penanaman sampai pada proses pengolahan menjadi beras yg siap dikomsumsi. Penanamannya menggunakan kompos dan pupuk hijauan, maupun Pupuk Bio Hayati serta pemberantasan hama menggunakan pestisida alami yg dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yg difermentasikan secara alami. Proses organis itu sendiri akan dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yg berkelanjutan.


Beras organik bebas dari unsur pestisida kimia yg oleh karenanya sangat baik untuk dikomsumsi sehari-hari. Dengan kadar gula yg rendah, beras organik dapat dikomsumsi oleh penderita penyakit kencing manis (diabetes), penderita autis, serta dapat dikomsumsi oleh mereka yg tengah menjalani program diet. Rasa khas beras organik yg membedakannya dengan beras non organik adalah rasa lebih pulen dan tidak mudah basi. Nasi yg diolah dari beras organik dapat bertahan selama dua hari tanpa perlu menyimpannya di dalam lemari pendingin (kulkas).

Beras organik ada beberapa macam warna, yakni hitam, merah, cokelat dan putih. tak heran jika masyarakat sering menyebutnya dengan beras herbal. Aroma dan rasa beras organik Indonesia bila sudah dimasak sangat berbeda ketimbang dengan beras organik yg berasala dari India, Thailand atau negara lainnya. Beras organik dari Indonesia memiliki keunggulan dan kelabihan yakni rasa yg lebih enak karena struktur tanahnya. Aromanya harum dan tahan lama.

Keunggulan Beras Organik dan Beras Non Organik adalah memiliki kandungan nutrisi dan mineral yg tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dan sangat baik dikomsumsi bagi penderita diabetes dan baik untuk yg sedang melaksanakan program diet, mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi, dan vertigo.
Mungkin belum banyak yg mengetahui kalo Beras Merah Organik tersedia dengan tidak hanya warna putih tapi bermacam warna. Jenis manfaat beras organik bisa dikelompokkan berdasarkan warnanya.

Apa saja Manfaat Beras Organik berdasarkan Warnanya?

Manfaat Beras Organik Warna Putih
Merupakan jenis beras yg paling banyak dikomsumsi. Beras Organik warna putih jika ketimbang dengan beras putih un-organik sangatlah jauh berbeda. karena rasanya lebih pulen dan lebih wangi. Juga tidak mengandung pestisida kimia sehingga sangat aman untuk dikomsumsi. Beras Organik warna putih masih memiliki kandungan nutrisi dan mineral yg tinggi.

Manfaat Beras Organik Warna Hitam
Dari sisi khasiat gizi ternyata pigmen beras yg berwarna hitam mepunyai khasiat paling baik dibandingkan dengan beras organik warna lainnya, mengapa? Beras Organik warna hitam sangat berbeda ketimbang ketan hitam, baik rasa, aroma maupun penampilannya. Sangat spesifik dan unik. Bila sudah dimasak beras organik warna hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Rasanya enak dan aromanya menimbulkan selera makan dan sangat menggugah.

Beras Organik warna hitam memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya
  1. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.
  2. Menurunkan kadar gula darah (sangatlah baik bagi penderita diabetes).
  3. Memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis)
  4. Mencegah gangguan fungsi ginjal.
  5. Memperlambat penuaan (Antiaging)
  6. MencegahMenghindar Anemia
  7. Mencegah kanker
  8. Antioksidan
  9. Menurunkan tekanan darah (orang yg mempunyai tekanan darah rendah sebaiknya sebaiknya menggunakan beras ini dengan dicampur dengan beras merah, perbandingan 1 : 1)
  10. Membersihkan kolesterol dalam darah (baik untuk diet).
Manfaat Beras Organik Warna Merah
Salah satu cara memasak beras merah yg diketahui adalah dengan teknik Gamma Aminobtyric Acid (GABA) atau Germinated Brown Rice (GBR) yang dapat meningkatkan hormon pertumbuhan pada manusia. Sedangkan manfaatnya adalah sebagai berikut.
  1. Baik untukuntuk program diet
  2. Mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan
  3. Dapat mencegah sembelit (konstipasi)
  4. Menurunkan kolesterol darah.
  5. Meningkatkan perkembangan otak.
  6. Menyehatkan jantung dan pembuluh darah
  7. Mencegah penyakit keganasan dan penyakit degeneratif.
  8. Memiliki kandungan Vitamin B 1 dan Mineral lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.
  9. Mengandung lebih banyak magnesium yg sangat bermanfaat buat kesehatan jantung.
  10. Kaya akan fiber asam lemak. kandungan fibernya yg tinggi mampu mencegah sembelit, sehingga memperlancar proses pengeluaran kotoran (defekasi). Kandungan fiber juga membuat anda lebih kenyang dan tidak cepat lapar.
  11. Kaya akan asam amino.
Manfaat Beras Organik Warna Cokelat.
Warnanya memang cokelat, aroma dan rasanya sangat khas, miriip ketan. beras organik warna cokelat adalah beras yg tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal daripada beras putih. Meskipun lebih cepat basi, tetapi beras organik warna cokelat lebih bernutrisi.

Perbedaan beras organik warna cokelat dan beras putih sebenarnya tidak terlalu jauh. Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya. Jika lapisan terluar atau kulit ari atau sekam dari biji padi dikupas maka hasilnya adalah beras organik berwarna cokelat. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa.

Baca Juga:cara menghilangkan bau badan tak sedap

Beberapa jenis Vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan butir padi. Menyebabkan, beberapa nutrisi yg hilang seprti Vitamin B1, B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel “ diperkaya “ (enriched). sementara pada beras organik warna cokelat, satu jenis mineral yg tidak perlu ditambahkan adalah magnesium.

Manfaat Beras Organik Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.