Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 25 Desember 2015

Ini Dia 5 Obat Alergi dan Iritasi Kulit yg Alami dan Tradisional

Alergi merupakan suatu keadaan dimana tubuh menjadi sangat sensitif terhadap alergen atau sesuatu yg dianggap berbahaya bagi tubuh,padahal alergen tersebut tiada berpengaruh terhadap orang lain.Alergi dapat menimbulkan beraneka gejala tergantung daerah dan organ yg terserang alergen,seperti gatal-gatal pada kulit,mata merah hingga gangguan pernapasan.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/12/ini-dia-5-obat-alergi-dan-iritasi-kulit.html

Ada berbagai macam jenis alergi,mulai dari alergi makanan,alergi obat,bahkan ada juga alergi terhadap jenis lingkungan tertentu.Pada sebagian orang,sengatan serangga pun dapat menimbulkan alergi dan menyebabkan gatal pada kulit secara berlebihan.

Untuk menghindari alergen atau penyebab terjadinya alergi berbeda untuk setiap orang tergantung jenis alergen dan tingkat keparahannya.Obat alergi yg dijual di pasaran biasanya bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan terhadap jenis alergen tertentu, atau mengurangi gejala yg timbul akibat alergen tersebut .

Selain menggunakan obat alergi yg ada di pasaran tersebut, alergi juga dapat diobati menggunakan bahan alami yg secara umum bisa juga digunakan untuk mengobati alergi. Selain lebih murah, obat alergi alami ini tidak mengandung efek samping yg berbahaya bagi kesehatan. 

Berikut beberapa obat alergi alami yg efektif untuk mengobati alergi.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat digunakan sebagai obat alergi alami untuk mengobati berbagai macam alergi.Cuka sari apel yg memiliki sifat anti-septik, anti-jamur dan anti-bakteri sangat efektif untuk mengurangi gatal,lebih-lebih gatal yg terkait dengan kulit kering seperti sunburns dan ketombe.Cara menggunakan cuka sari apel sebagai obat alergi kulit pun cukup mudah.Hanya dengan membasahi bola kapas dengan cuka sari apel,lalu oleskan pada daerah yg terserang.Lakukan beberapa kali hingga sembuh dan gejalanya tidak tampak lagi.

Berikut Obat Alergi dan Iritasi Kulit yg Alami dan Tradisional

Daun kemangi

Daun kemangi termasuk salah satu daun yg memiliki banyak sekali manfaat.Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan,daun kemangi juga memiliki khasiat obat alergi yg sangat efektif,khususnya alergi yg disebabkan oleh gigitan serangga yang dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit.Kandungan thymol yg terdapat dalam daun kemangi memiliki sifat anti-gatal yang dapat mengurangi dorongan atau keinginan untuk menggaruk.Caranya pun cukup enteng.Hanya dengan menghancurkan daun kemangi,lalu gosokkan pada daerah yang terasa gatal hingga alergi sembuh dan kulit kembali normal.

Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai jenis iritasi kulit,termasuk alergi kulit.Selain digunakan untuk perawatan rambut,lidah buaya juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan serta iritasi kulit.Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya,lalu gosokkan secara langsung pada kulit yg terserang alergi.

Kulit pisang

Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai obat alergi kulit.Caranya adalah dengan mengambil kulit pisang,lalu oleskan pada daerah yg terkena alergi hingga sembuh.Selain kulit pisang, beberapa orang juga menggunakan kulit semangka untuk mengurangi dan mengobati alergi kulit.

Daun peppermint
Peppermint sangat bagus untuk mengatasi gatal akibat gigitan serangga.Daun peppermint akan memberikan sensasi dingin dan dapat mengurangi pembengkakan.Caranya yakni dengan menghancurkan beberapa lembar daun peppermint,lalu oleskan pada daerah yang terasa gatal dan terkena alergi.

Untuk mengatasi dan mengobati alergi,selain menggunakan produk kesehatan yg terkadang memiliki efek samping bagi kesehatan,juga dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan alami seperti yg telah disebutkan sebelumnya.Obat alergi alami tersebut memiliki khasiat yg efektif untuk mengobati alergi,lebih aman dan lebih murah dibandingkan dengan obat alergi yg dijual di pasaran.

Baca juga:Ciri-ciri Atau Gejala Mengidap Kanker Serviks

Demikianlah beberapa obat alergi alami ini,semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Pembaca.

Ini Dia 5 Obat Alergi dan Iritasi Kulit yg Alami dan Tradisional Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.