Blog kesehatan untuk anda

Senin, 04 Januari 2016

Inilah Tanda-tanda Wanita Sedang Mengandung Bayi Kembar

Siapa yang akan menyangka bahwa anda tengah mengandung dua janin? Ya,kehamilan bayi kembar dapat anda ketahui melalui tanda-tanda kehamilan berikut ini.

Bagi anda atau suami yang berasal dari keluarga dengan keturunan kembar kemungkinan mendapatkan bayi kembar sangat besar.Bahkan bagi anda yg menginginkan anak kembar dengan harapan dapat membesarkan dua bayi sekaligus pasti sangat membahagiakan.

Hanya saja tidak semua wanita mengetahui bahwa kehamilannya kembar padahal kehamilan kembar mempunyai tanda/ciri yg berbeda dari kehamilan pada umumnya.Anda dapat menemukan tanda-tanda kehamilan kembar sebagai berikut.

Inilah tanda-tanda anda sedang hamil kembar :

1. Tingkat Kepekaan Wanita Lebih Kuat 
Wanita yg sedang mengandung bayi kembar,biasanya memiliki kepekaan yg lebih kuat. Hanya saja bagi kehamilan pertama susah untuk merasakan bahwa kehamilan tunggal atau kehamilan kembar.


http://mustahabbah.blogspot.com/2016/01/inilah-tanda-tanda-wanita-sedang.html

Kebanyakan intuisi wanita mengatakan bahwa sudah tahu bahwa kehamilan yg sedang dijalani bayi kembar apalagi bila pada keluarga terdapat keturunan kembar.

2. Morning Sickness yg Lebih Parah 
Kondisi selanjutnya adalah kadar hormon HCG yg lebih meningkat dibandingkan dengan kehamilan biasanya.Peranan hormon HCG untuk menjaga kehamilan,yaitu plasenta untuk tumbuh dan berkembang.Adaptasi tubuh ketika hormon ini terlihat maka akan menyebabkan rasa mual atau dikenal morning sickness.

Ibu hamil kembar akan mengalami morning sickness yg lebih parah. Apabila dibandingkan kehamilan tunggal saja hormon HCG dapat berlipat ganda dalam 2 atau 3 hari,sedangkan untuk kehamilan kembar akan lebih meningkat dan menyebabkan ibu mengalami mual dan muntah semakin parah.Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan sehingga tidak menganggu kesehatan ibu dan janin.

3. Berat Badan Meningkat Drastis pada Trimester Pertama 
Meningkatnya berat badan yg lebih cepat di tiga bulan pertama kehamilan dapat menjadi pertanda bahwa anda sedang mengalami kehamilan kembar.Hanya saja kebanyakan wanita yg mengalami morning sickness yg parah sehingga menghambat asupan nutrisi ke dalam tubuh.Sedangkan janin membutuhkan nutrisi terutama asam folat sejak minggu pertama kehamilan.

Penelitian menemukan bahwa penambahan berat badan pada trimester pertama sangat penting karena akan berpengaruh pada kehamilan di trimester kedua secara signifikan terhadap janin.

4. Rahim semakin membesar di trimester pertama 
Pemeriksaan USG merupakan cara tepat yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kehamilan bayi kembar.Pada wanita yang mengandung bayi kembar umumnya ukuran rahim semakin besar sesuai dengan usia kehamilan yg semakin konsisten.

Umumnya untuk kehamilan tunggal ukuran rahim dapat mencapai 38x40 cm sedangkan untuk kehamilan kembar dapat mencapai 48 cm.Inilah yang menjadi tanda yg paling menonjol pada kehamilan kembar,usia kehamilan yg cukup terbilang muda sekalipun sudah terlihat rahim yg cukup besar.

5. Intoleransi Pada Makanan Tertentu 
Ibu akan mengalami intoleransi yg sangat hebat pada salah satu makanan.Tekstur dan bau dapat menjadi salah satu penghambat makanan dikonsumsi selama kehamilan.Beberapa ibu hamil memang mengalami penciuman yg sangat sensitif sedangkan untuk wanita yg hamil kembar seringkali disertai dengan kondisi yg sangat parah.Beberapa makanan yg dihindari adalah makanan laut,daging,kopi,teh atau beberapa makanan lainnya dengan bau yg menyengat.

6. Merasa Cepet Lelah 
Setiap ibu hamil akan merasakan cepat lelah sedangkan bagi anda yg tengah hamil kembar dapat membuat aktivitas anda sangat cepat lelah dari biasanya.Selain itu pada ibu hamil akan merasakan mood yg lebih mudah berganti.


Ibu hamil akan cepat lelah karena kondisi fisik ibu yg mengalami morning sickness lebih parah,mengalami pusing dan perubahan mood.Salah satu cara untuk mengusir kelelahan yaitu dengan mendapatkan dorongan dari keluarga terutama dari suami.

Inilah Tanda-tanda Wanita Sedang Mengandung Bayi Kembar Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.