Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 26 Januari 2016

Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur

6 Kemungkinan Penyebab Anda Banjir Keringat Saat Tidur
Mungkin sebagian dari kita pernah terbangun dari tidur dengan kondisi badan basah berkeringat.Hal tersebut tampaknya terlihat normal dan biasa saja.Namun bila terjadi berulangkali,ini bisa saja berkaitan dengan kondisi kesehatan khusus,sehingga dibutuhkan peninjauan seterusnya.Kondisi seperti ini juga bisa berbeda keadaannya pada wanita saat menopause atau pada anak-anak.

berkeringat saat tidurTerjadinya banjir keringat saat tidur bisa dipicu oleh beberapa faktor. Seperti yg disadur dari Sleepdisorder. com, ada setidaknya enam factor yg mungkin menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami banjir keringat saat tidur,

 Factor Kemungkinan Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur

1. Temperatur hangat
Faktor pertama mengapa alasan seseorang banjir keringat saat tidur adalah meningkatnya temperatur tubuh dikarenakan berbagai sebab.Beberapa diantaranya adalah dikarenakan memang suhu udara lingkungan/ruangan yg memang tinggi dan cenderung hangat. Memakai piyama atau pakaian yg tebal,dan meringkuk di bawah selimut,bisa pula menjadi penyebab seseorang merasa kepanasan dan banjir keringat.

2. Gangguan tidur

Kelainan atau gangguan tidur bisa juga menjadi pemicu terjadinya banjir keringat saat tidur. Gangguan tidur seperti sleep apnea (apnea tidur) yg membuat seseorang kesulitan utk bernapas adalah contohnya.Kala kita sulit bernapas saat tidur,maka dibutuhkan pula usaha ekstra utk bernapas.Hal tersebut akan menguras energi dan pada akhirnya membuat tubuh menjadi berkeringat layaknya sedang berolahraga.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/01/penyebab-banjir-keringat-saat-tidur.html


3. Gelisah (anak-anak)
Anak-anak, khususnya balita,biasanya mengalami kegelisahan saat tidur dan ini dapat juga membuat napasnya terganggu.Mereka kadangkala terbangun dengan bermandikan keringat dan muka yg merah. Jika anak seringkali mengalami kondisi ini,maka perlu ditinjau lebih lanjut.Ada baiknya utk berkonsultasi dengan ahli medis di kota anda.

4. Menopause
Wanita dewasa bisa juga mengalami peningkatan keringat saat tidur.Umumnya,yg sering mengalami kondisi adalah wanita yg memasuki usia menopause.Selain itu,risiko utk mengalami sleep apnea juga ikut meningkat hingga 10 kali lipat dikarenakan hilangnya hormon progeteron dan estroge.Oleh sebab itu,banjirnya keringat saat tidur pada wanita sering dikaitkannya dengan menoupause serta memicu sleep apnea.

5. Alkohol
Alkohol ternyata bisa juga mengakibatkan tubuh anda berkeringat lebih banyakk saat tidur. Hal tersebut dikarenakan alkohol mengandung relaksan otot yg bisa mengganggu saluran nafas bagian atas,memperparah dengkuran,serta memicu sleep apnea.Oleh sebab itu, hindari minuman beralkohol sebisa mungkin.
6. Mimpi buruk
Salah satunya factor yg kerap kali memicu seseorang banjir keringat saat tidur adalah mimpi buruk.Mimpi buruk yg disebabkan oleh kecemasan bisa saja menimbulkan serangan panik serta keringat saat tidur.Apabila sering mengalami mimpi buru,terutama dalam kondisi PSTD (post-traumatic stress disorder),melakukan perawatan dan berkonsultasi ke ahlinya mungkin bisa membantu.

Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.