Blog kesehatan untuk anda

Senin, 29 Februari 2016

Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur

7 Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur
Bahaya makan malamMakanan merupakan kepentingan mesti buat utk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia setiap harinya.Umumnya manusia perlu beraneka macam style nutrisi agar bisa tercukupiterpenuhi setiap harinya. Nutrisi dalam 1 hari ini di peroleh melalui makanan, yg dikonsumsi sepanjang hari.Banyak pula dari kita,yg telah menerapkan pola makan teratur, seperti makan saat pagi atau sarapan,makan siang, sore dan malam.

Namun tahukah anda bahwa bahaya makan pada malam hari sebelum tidur,bisa berakibat tidak baik buat tubuh anda? Ya,banyak sekali efek buruk dari mengonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda pergi tidur.Penasaran?

Berikut ini beberapa dampak buruk dari kebiasaan mengonsumsi makanan berat atau cemilan pada malam hari sebelum tidur : 

1. Menaikkan Berat Badan
Salah satu dampak buruk yg mungkin terjadi jikalau mengonsumsi makanan berat atau cemilan pada malam hari sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Perlu anda ingat,bahwa setiap makanan dan cemilan yg masuk ke dalam tubuh mempunyai kandungan kalori yg dibutuhkan tubuh utk melakukan aktivitas.

Ketika makanan yang mengandung kalori tinggi masuk ke dalam tubuh,namun tidak ada aktivitas yg dilakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar dan malah akan menjadi lemak yg menumpuk di dalam tubuh. Kalori yg tidak terbakar ini,yg kemudian menjadi lemak,akan sangat mempengaruhi kondisi berat badan.Bisa dipastikan berat badan akan meningkat secara drastis bila mengonsumsi makanan pada malam hari sebelum tidur.

2. Diabetes
Diabetes merupakan penyakit lanjutan dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Apabila mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan berat atau cemilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini,yg disebabkan oleh penumpukan lemak yg terjadi dikarenakan gaya hidup tidak sehat ini.

3. Serangan Jantung
Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yg menumpuk,dan mempunyai resiko menyumbat bebrapa area pembuluh darah.Hal tersebut akan meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung,disamping sebagian faktor lainnya.

Dengan kebiasaan mengonsumsi makanan berat atau cemilan pada malam hari sebelum tidur, akan meningkatkan lemak dalam tubuh dan memungkinkan anda utk mengalami serangan jantung.
http://mustahabbah.blogspot.com/2016/02/bahaya-makan-malam-sebelum-tidur.html


4. Mempengaruhi Pola dan Mutu Tidur
 Pola tidur dan mutu tidur anda pasti juga ikut terpengaruh,bila mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan berat atau mengonsumsi cemilan pada malam hari sebelum pergi tidur. Sama seperti penjelasan sebelumnya,jenis makanan apapun pasti mengandung kalori.

Kalori menjadi suatu bahan bakar yg diperlukan tubuh,sehingga tidak bisa membuatnya cepat tidur dan pasti akan terjaga sejenak.Hal tersebut dikarenakan makanan yangyg mengenyangkan bakalakan memberi stimulus utk melakukan suatu pekerjaan,bukannya tidur. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap mutu tidur,maka membuatnya sulit bangun besok harinya.

5. Acid Reflux

Acid reflux menjadi suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan.Hal tersebut disebabkan ketika langsung berbaring dan berusaha utk tidur setelah mengonsumsi makanan berat atau cemilan pada malam hari.

Ketika mengonsumsi suatu makanan,maka asam lambung akan keluar dan bekerja.Namun ketika langsung berbaring,maka asam lambung akan naik ke atas,terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan.Hal tersebut akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan ketika bangun keesokan harinya.

6. Heart Burn
Heart burn memeiliki penyebab menyerupai dan sama seperti penyebab acid reflux. Kondisi heart burn terjadi ketika merasakan rasa panas dan tidak nyaman di sisi dada setelah mengonsumsi makanan waktu malam hari sebelum pergi tidur.Hal tersebut duanya sama diakibatkan oleh asam lambung yg naik ke bagian rongga dada, sehingga mengakibatkan efek panas dan tidak nyaman di sisi rongga dada anda. Tetapi,kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

7. GERD (Gasteophageal Reflux)
GERD atau Gasteophageal Reflux merpakan suatu gejala lanjutan yg terjadi dikarenakan timbulnya Heart Burn.Bila merasakan gejala heart burn yg sering terlihat waktu mengonsumsi makanan berat atau pun camilan pada malam hari sebelum anda tidur, maka anda harus memeriksakannya ke dokter.Ada kemungkinan tubuh menderita GERD atau Gasteophageal Reflux tersebut .
Beberapa bahaya makan pada malam hari ini, sebenarnya bisa dijauhi. Bila terasa lapar pada malam hari, cobalah utk mengonsumsi makanan atau cemilan yg rendah kalori dan tinggi serat serta vitamin, agar tubuh dapat menyerap vitamin dan mineral tersebut pada saat tidur, bukannya malah menimbunnya menjadi lemak.

Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.