Blog kesehatan untuk anda

Sabtu, 13 Februari 2016

Begini Cara Gendong Bayi Yang Benar

Untuk menggendong bayi tentu tak boleh sembarangan.Selain ekstra hati-hati,kalian juga harus tahu nih bagaimana cara menggendong bayi yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti bayi cedera (karena tulang mereka masih sangat muda) dan rentan atau bahkan jatuh jika si bayi berontak ketika digendong smile smile

Ingat,bukan seperti ini ya,hhe


Apalagi seperti ini..

Ternyata menggendong bayi juga memiliki cara yang berbeda sesuai dengan usia mereka tentunya...


Bayi 0-3 Bulan


Bayi baru lahir harus digendong dengan sangat hati-hati.Cara menggendongnya:Selipkan satu tangan ke bagian leher bayi untuk menyangga kepalanya,letakkan tangan lainnya di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya.


Kemudian letakkan bagian kepala,leher,dan punggung bayi di lipatan siku tangan kiri/kanan.

Sementara telapak tangan yang satunya menopang bokong,kemudian kakinya ditopang lengan.Posisikan bayi berada dekat dengan dada kita sehingga ia merasa nyaman.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/02/beginilah-cara-gendong-bayi-yang-benar.html


Kita juga bisa mengendong bayi dalam posisi tegak dengan kepala bayi di atas bahu menghadap ke belakang.

Sandarkan dada bayi ke dada kita,topang lehernya dengan satu tangan dan tangan lainnya menopang punggung dan bokong.Di atas satu bulan bisa diposisikan setengah duduk.Satu tangan meyangga bokongnya sementara tangan yang lain memegang dada.Pastikan kepalanya bersandar di dada.
http://mustahabbah.blogspot.com/2016/02/beginilah-cara-gendong-bayi-yang-benar.html


Usia 3-6 Bulan


Di usia ini biasanya bayi senang digendong pada posisi duduk menghadap ke depan karena bayi sudah mampu duduk di pangkuan dan tidak betah dibaringkan.

Di usia empat bulan, posisi bayi sudah lebih luwes,bisa digendong menghadap ke depan, belakang,atau berhadapan.Lalu di usia lima bulan,sebaiknya gunakan kain gendongan karena tubuhnya semakin berat.

Usia di atas 6 Bulan

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/02/beginilah-cara-gendong-bayi-yang-benar.html


Tulang bayi usia di atas 6 bulan sudah kuat dan tak terlalu ringkih lagi,tulang dan ototnya semakin kuat sehingga bisa menggendong dengan banyak posisi.

Misalnya,didudukkan di depan dada dengan satu tangan menyangga bokong dan tangan lain melingkar di perutnya,posisi duduk dengan tubuh bayi setengah berhadapan dengan tubuh kita,serta kedua tangan menopang bokong dan pinggang bayi,bisa juga menggunakan alat gendong dengan posisi duduk.

Usia di atas 8 bulan

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/02/beginilah-cara-gendong-bayi-yang-benar.html


Orangtua tetap dianjurkan menggendong anak.Meski begitu,anak juga perlu diberi kesempatan untuk bereksplorasi,entah di kasur atau di lantai.Biarkan ia mengeksplorasi segenap kemampuannya,keingintahuannya,dan lingkungannya.Di usia ini bayi sudah bisa merangkak,berdiri,merambat,bahkan berjalan.
Baca Juga:Nama Bayi Laki laki Dan Permpuan Islami

Itu dia cara menggendong bayi sesuai dengan umurnya,semoga bermanfaat buat orang tua dan anak-anak muda juga kalo nanti udah pada punya anak smile.

Begini Cara Gendong Bayi Yang Benar Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.