Blog kesehatan untuk anda

Inilah Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung


Kurang olahraga,mengonsumsi makanan instan,kurang istirahat dan tekanan stres,adalah hal-hal yang kerap dialami warga kota besar.Menjalani pola hidup yang tidak sehat akan berdampak buruk pada kesehatan,salah satunya dapat mengakibatkan penyakit jantung. Serangan jantung pun menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia.



Penyebab



Penyakit jantung disebabkan karena penyempitan pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku.Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis,yang terjadi jika terdapat penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri.Selang beberapa waktu,plak dapat menumpuk,mengeras dan mempersempit arteri serta menghambat aliran darah ke jantung.Penyakit arteria koroner atau coronary heart disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.


Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau lebih dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba.Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung.Mengapa?Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yg cukup lama,jaringan di sekitarnya dapat rusak.Tidak seperti jaringan yang lain,otot jantung tidak mengalami regenerasi.Semakin lama serangannya,semakin banyak kerusakan pada jantung,dan semakin besar kemungkinan besar meninggal. 





5 Step Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung



1.Dudukkan penderita atau letakkan di posisi yang nyaman bagi penderita.Pastikan penderita dapat bersandar sehingga tidak perlu menyangga beban tubuhnya.Akan tetapi, jangan ambil posisi berbaring karena apabila penderita kehilangan kesadaran,jalan napasnya dapat terganggu.



2.Panggil bantuan.Hubungi nomor telepon darurat yaitu 118 atau 119 untuk respons cepat ambulans.



3.Tenangkan pasien,beri kata-kata menyejukkan sambil melonggarkan baju penderita sehingga dapat membantu dirinya bernapas lebih lega.



4.Tanyakan riwayat kesehatan penderita.Adakah obat jantung yang diresepkan dokter dan biasanya ia minum.Apabila penderita membawa obat gawat daruratnya,bantulah dirinya untuk mengkonsumsi obat tersebut.Pada umumnya obat yang diresepkan dapat berupa aspirin kunyah atau nitrogliserin di bawah lidah.Jangan sekali-sekali memberikan obat pada penderita jantung tanpa mengetahui riwayat penyakitnya atau tanpa resep dari dokter karena hal ini justru dapat memperburuk kondisi jantungnya.



5.Senantiasa cek kesadaran penderita.Sambil menunggu bantuan datang,pastikan penderita masih dalam keadaan sadar dengan mengajak berbicara.

Apabila pasien tiba-tiba jatuh dalam keadaan tidak sadar maka Anda sebaiknya siap melakukan resusitasi jantung paru.Akan tetapi,sebelum melakukan resusitasi seharusnya Anda sudah pernah mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada keadaan darurat.


Mengingat hal ini,Anda dapat juga menelpon nomor darurat 118 sekali lagi untuk kemudian mendapatkan pengarahan mengenai langkah-langkah resusitasi yang dapat dilakukan.


Baca Juga:Pesan Khusus Perokok Agar Mencintai Keluarganya
Demikianlah Artikel Pertolongan pertama Saat Serangan Jantung Semoga Bermanfaat.

Inilah Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri