Blog kesehatan untuk anda

Pertolongan pertama kecelakaan luka bakar

Pada umumnya hampir semua orang pernah mengalami luka bakar pada kulit,baik itu luka bakar yg sifatnya berat maupun luka bakar ringan yg disebabkan oleh panas knalpot, terkena percikan api,tersiram air panas atau pun luka bakar lainnya.Menurut seorang dokter dari FKU-RSCM,dr.Parintosa Atmodiwirjo,sebagaimana dikutip wandye.com awal luka bakar sangat menentukan proses penyembuhan berikutnya,

Nah,untuk itu seperti apa yg seharusnya di lakukan utk memberikan pertolongan pertama pada penderita luka bakar.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan :
Perlu di ketahui bawasanya lapisan kulit itu terdiri dari tiga lapisan diantaranya adalah :
  1. Epidermis
  2. Dermis
  3. indodermis

Apabila luka bakar masih dalam area kulit epidermis yaitu lapisan kulit paling atas atau paling luar,mala yg dilakukan adalah siram atau aliri dengan menggunakan air mengalir dengan suhu rendah atau air dingin selama kurang lebih 10 menit.
Kemudian olesi dengan salep utk luka bakar umpamanya bioplasenton,atau Gunakan Cream Bio Bio Multiple cream utk pertolongan pertama akibat tersiram air panas atau minyak panas.Krim yg diformulasikan dari bahan alami ini menggunakan teknologi nano sehingga mudah diserap oleh kulit.Jangan sekali-kali diolesi odol,karena mengandung mint yang dapat mengakibatkan bertambahnya pelepuhan di area luka bakar.
Jika luka bakar sudah sampai pada lapisankulit dermis atau lapisan kulit kedua,biasanya terjadi pelepuhan (berisi air),maka jangan sekali-kali mencoba untuk memecahkannya, karena di dalam berisi cairan protein.Lakuakan hal yg sama seperti yg sudah disebutkan diatas,gunakan salep yg memang dianjurkan oleh dokter.

Pertolongan pertama kecelakaan luka bakar


Beberapa hal yg perlu diketahui pada penderita luka bakar antara lain :
Jika luka bakar luas atau tepat pada leher/dada itu akan mengganggu jalanya pernafasan, maka segeralah dilarikan ke Klinik,Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat utk segera di infus agar tidak terjadi syok.
Luka Bakar yg kulitnya sudah hitam,itu adalah jaringan mati yang harus dibersihkan,jika tidak maka akan mengganggu atau menghambat pertumbuhan jaringan baru.
Semakin luas luka bakar,maka semakin banyak pula cairan tubuh yg hilang dan harus segera ditangani secara medis.

Masa penyembuhan luka bakar (bekas) :
Perbayaklah makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti buah,telur dan daging,segera lakukan kurang lebih selama seminggu agar kulit kembali seperti semula, gunakanlah salep misalkan maderma yang mengandung bioplasenton.

Biasanya luka bakar dapat menyebabkan kulit kita akan melepuh,memerah atau juga bisa membengkak dan biasanya juga akan terlihat cairan di dalam kulit.Bagi sebagian orang penanganan luka bakar mungkin dianggap sepele,padahal luka bakar merupakan termasuk luka yg tergolong serius,banyak kasus yg terjadi pada kulit yg terkena luka bakar tidak bisa sulit pulih seperti semula,hal tersebut dikarenakan oleh rusaknya jaringan pada kulit makanya jaringan pada kulit tidak bisa pulih seperti keadaan semula.

Salah satu luka bakar yg paling sering terjadi adalah luka bakar yang diakibatkan oleh tersiram air panas.Air panas sering kita gunakan di rumah misalnya utk memasak,mandi, bahkan utk mencuci.Utk mengatasinya,anda perlu mengetahui dan mempelajari tips pertolongan pertama luka bakar tersiram air panas,cara ini bisa kita lakukan sendiri,hal ini dilakukan sebagai pertolongan pertama guna mencegah terjadinya masalah yg lebih parah.

Tips pertolongan pertama luka bakar pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membasahi bagian tubuh yg tersiram air panas dengan air bersih,gunakan air yg mengalir utk meredakan rasa sakitnya sekaligus meredakan trauma pada kulit.Pertolongan pertama luka bakar selanjutnya adalah dengan keringan bagian tubuh yg terkena luka bakar dengan handuk bersih dan yg permukaannya lembut,lalu balut dengan perban agar steril dari kuman.Utk mempercepat proses penyembuhan luka bakar,tips pertolongan pertama luka bakar lainnya dengan mengoleskan lendir tanaman lidah buaya,hal ini utk meredakan rasa nyeri dan perih pada luka bakar,jangan gunakan pasta gigi atau odol karena dapat menimbulkan bekas dan justru memperparah kondisi luka bakar tersiram air panas.Yg di sebut Luka bakar adalah sejenis cedera pada daging atau kulit yg disebabkan oleh panas, listrik,zat kimia,gesekan,atau radiasi.1 Luka bakar yg hanya mempengaruhi kulit bagian luar dikenal sebagai luka bakar superfisial atau derajat I.Bila cedera menembus beberapa lapisan di bawahnya,hal ini disebut luka bakar sebagian lapisan kulit atau derajat II.Pada Luka bakar yg mengenai seluruh lapisan kulit atau derajat III,cedera meluas ke seluruh lapisan kulit.Sedangkan luka bakar derajat IV melibatkan cedera ke jaringan yg lebih dalam, seperti otot atau tulang.

Cara menangani luka bakar ringan
Dinginkan bagian tubuh yg terkena luka bakar dengan air.Siram menggunakan air mengalir utk menurunkan suhu bagian tubuh yg terbakar,jika tidak terdapat air,ayah bunda dapat menggunakan zat cair dingin misalnya susu.Mengolesi luka bakar dengan pasta gigi, mentega,kecap,atau minyak tanah,sebagaimana mitos yg berkembang di masyarakat adalah tindakan yg kurang tepat.
Jika lukanya menyebabkan lepuhan, jangan pecahkan lepuhanya.Oleskan salep atau krim khusus luka bakar.

Cara menangani luka bakar serius

1. Sama halnya dengan luka bakar ringan,langkah pertama utk meredakan panas gunakan air dingin. Siram bagian kulit yg terbakar selama 10-20 menit. Air yg digunakan utk mendinginkan haruslah air yg mengalir,bukan merendamnya.Hindari menggunakan air es pada anak kecil karena berpotensi menimbulkan hipotermia.

2. Jika luka bakar terjadi di daerah yg tertutup pakaian,usahana utk membuka pakaian si kecil.Jika tidak bisa,misalnya karena pakaian menempel pada luka bakar,jangan dipaksa. Gunting bagian pakaian dan biarkan yg menempel.Lepaskan pula perhiasan dan apapun yg menghambat pergerakan dari area luka bakar.

3. Tutupi area luka bakar dengan kain bersih yg tidak berserabut utk menghindari infeksi sebelum dibawa ke dokter.Ayah bunda dapat menggunakan seprai atau sarung bantal bersih utuk menutupi luka bakar si kecil.Jika luka bakar ditelapak tangan,bunda dapat menggunakan kantung plastik untuk melindungi lukanya.

4. Jaga kesadaran si kecil,jangan memberikan mereka makan dan minum serta awasi level kesadaranya.Jika si kecil tidak sadar,buka saluran pernafasanya kemudian longgarkan semua pakaian disekitar leher dan pinggang.Segera bawa si kecil ke rumah sakit.

 Luka bakar pada daerah mulut dan tenggorokan
Jenis luka bakar pada mulut dan kerongkongan dapat terjadi jika si kecil secara tidak sengaja menelan cairan kimia keras,misalnya cairan pembersih lantai,atau air keras.Jika si kecil mengalami kejadian tersebut,segera bawa mereka ke rumah sakit.Luka bakar jenis ini sangatlah serius karena dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan di daerah kerongkongan.Resiko yg menyertai luka jenis ini adalah kesulitan bernafas dan tercekik.

Anak di atas usia lima tahun biasanya sudah bisa melakukan pekerjaan secara mandiri misalnya menuang air panas saat membuat susu.Nah,tak jarang tangan anak pun terkena air panas.Jika seperti itu,apa yang harus dilakukan?

Penanganan luka bakar pada anak balita bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab lukanya.Jika si kecil mendapatkan luka bakar yg cukup serius dibagian muka, kedua belah tangan,dan persendian,segera bawa ia ke rumah sakit utk mendapatkan penanganan medis lanjut.Jika buah hati bunda mengalami luka bahar ringan,misalnya karena menyentuh oven,setrika,atau air panas,ayah bunda dapat merawatnya dirumah.
Baca Juga: Tips Memilih Makanan Utk Penderita Maag
Pertolongan pertama utk luka bakar bisa dilakukan dengan menyiram luka dengan air yg mengalir selama sepuluh menit.Setelah itu,supaya tidak kotor,tutup luka dengan plastik atau pembungkus lain yg bersih,misalnya handuk.intinya pertolongan pertama pada luka bakar cukup dengan menyiramnya dengan air mengalir.Membungkus luka dengan plastik atau handuk hanya bertujuan untuk melindungi luka dari bakteri.

Pertolongan pertama kecelakaan luka bakar Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri