Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 24 Maret 2017

Khasiat Daun Bambu Kuning

Bambu kuning merupakan tanaman sejenis rumput yang Kaya akan manfaatnya untuk obat herbal.Bambu merupakan jenis tanaman rumput berupa rerumputan yang cepat tumbuh diantara jenis rerumputan lain.

Tanaman bambu memiliki beragam jenis yang tersebar diseluruh dunia.Tahukah kamu berapa tinggi pohon bambu.Bambu memiliki tinggi yang luar biasa.Bahkan tanaman bambu memiki tinggi sampai 20 meter.wow tinggi bukan.Kita dapat menjumpai hutan bambu yang banyak tersebar di negeri panda atau negeri tirai bambu,Cina.

Bambu merupakan sejenis rumput yang memiliki manfaat dan nilai guna dari dimanfaatkan sebagai bahan makanan misal rebung sampai untuk penyembuhan.Jangan khawatir di negeri yang gemah ripah loh jinawi ini banyak lo bambu yang tersebar.Sehingga sangat mudah untuk menemukannya,Indonesia itu kaya akan flora dan faunanya.

Berbicara soal rebung,ternyata di Indonesia bambu muda atau sering kita sebut rebung sudah di kenal sejak jaman dahulu sebagai bahan masakam atau makanan yang lezat.

Tidak hanya sebagai bahan masakan maupun makanan.Bambu memiliki struktur yang keras yang sering dimanfaatkan sebagai bahan furniture.Bambu juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah.Walaupun bambu banyak memiliki akan manfaat dan nilai guna tetapi ada juga yang belum mengetahui khasiat daun bambu kuning sebagai obat herbal.Di negeri tirai bambu sendiri sudah memanfaatkan bambu sebagai obat herbal yang akan khasiatnya di dalam dunia medis sejak dari dahulu.

Dibalik cerita unik bambu
Kalau bercerita tentang bambu memang gak ada habisnya terutama dengan daunnya.sebelum saya membahas semua tentang bambu.Alangkah baiknya saya memberi beberapa cerita tentang fakta unik bambu.

Berikut beberapa fakta unik tentang bambu :
Fakta pertama bambu merupakan tanaman yang baik buat menyerap karbondioksida dibanding dengan tanaman lain.Sehingga bambu bisa dikatakan salah satu tanaman yang baik untuk mengatasi polusi.
Fakta berikutnya bambu memiliki proses pertumbuhan yang paling cepat.
Bambu itu sendiri dapat bertambah tinggi nya setiap 5 cm per jamnya.
Bambu dinegeri Cina digunakan sebagi obyek seni oleh para seniman
Ketahanan pohon bambu sangat luar biasa. Bambu sendiri dapat bertahan dalam berbagai cuaca yang sangat ekstrim.
Seperti yg saya katakan diatas bahwa pohon bambu mempunyai struktur pohon yg sangat kuat.
Ternyata bambu dapat menyerap berbagai bau yg tidak sedap.
Menetralisir suhu. yups bambu diyakini dapat menetralisir suhu,semisal suhu di dalam dingin bambu dapat menetralisir menjadi hangat, serta sebaliknya
kandungan zat dan khasiat daun bambu kuning

http://mustahabbah.blogspot.com/2017/03/khasiat-daun-bambu-kuning.html

Daun bambu mengandung kandungan yg baik dan kaya akan manfaatnya untuk kesehatan.Kandungan daun bambu meliputi zat stimulant,zat astrigent,zat febrigue,zat tonic,zat antispasmodic,zat acrodisiac.Beraneka analisis kesehatan menemukan, daun bambu adalah sumber flavonoid yg amatlah baik. Kandungan ini berguna sebagai antioksidan yg mencegah dan melawan berbagai macam penyakit.

Berikut manfaat bambu sebagai pengobatan

Penghilang Sakit Demam
Tangkai dan daun bambu dapat digunakan sebagai obat demam yg manjur.Bahkan ini udah dikenal sejak lama di Cina.Cara menggunakannya anda cukup mengumpulkan daun bambu dan satukan kemudian keringkan.Sehabis daun bambu dikeringkan anda dapat tumbuk kemudian anda dapat seduh dengan air hangat

Menghilangakn rasa was was
Perasaan khawatir atau was was serta gelisah atau seringkali khawatir daptat menimbulkan berbagai macam gejala penyakit semisal demam,stress atau mengalami depresi.Cara menggunakannya sama seperti menghilangkan sakit demam.Anda cukup keringakan daun bambu dan seduh dengan air hangat.

Mencegah penyakit kanker
Seperti yg saya katakan diatas bahwa daun bambu dikenal akan antioksidan dan sangat berguna utk mencegah serangan radikal bebas.Sehingga daun bambu dapat menjadi alternatif obat herbal utk mencegah penyakit menakutkan seperti jantung atau penyakit kanker.

Mengobati luka pada kulit
Kandungan daun bambu sebagai anti bakteri dapat digunakan sebagai obat luka pada kulit dikarenakan tergores.Luka yg terbuka dapat menjadi lebih parah dikarenakan bakteri bisa masuk dan menempel pada luka.Disini bambu dapat berperan sebagai pembunuh bakteri bakteri luka.

Mengobati infeksi
Bambu sebagai anti bakteri dan anti inflamasi dapat menjadi sumber penyembuhan yg baik utk mengobati infeksi dan pendarahan yg menyertainya.
Mengatasi radang paru-paru
Walaupun daun bambu mempunyai rasa yg sangat pahit,tetapi daun bambu mempunyai fungsi mengatasi radang paru-paru.Anda bisa mengambil daun bambu kemudian keringkan dan seduh dengan air hangat.

Mengobati diare
Di negara India,daun bambu digunakan utk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan.Daun bambu sebetulnya mempunyai kandungan yg baik untuk mengobati sakit diare atau sistim pencernaan.Selain dapat menetralkan suhu,Daun bambu bisa membuat perut yang terasa panas menjadi dingin akibat terlalu banyak makan pedas.

Mengobati batuk berdahak
Bambu sebetulnya memilki banyak khasiat dari seluruh bagiannya.Utk daunnya saja mempunyai kandungan yang dapat mengatasi produksi lendir atau dahak yg berlebihan.Biasanya produksi lendir dipengaruhi oleh beberapa masalah dalam paru-paru.Kalau dibiarkan akan menimbulkan gangguan berupa gejala batuk,serta dapat mengganggu fungsi dari otak.

khasiat Daun Bambu Kuning
Menyehatkan kulit serta rambut Banyak produsen kosmetik atau kecantikan mulai menggunakan bambu sebagai bahan pokoknya.Salah satu bambu digunakan sebagai penyubur rambut serta mengembalikan kilau dan hitam rambut secara alami.

Peringatan penting!!!
Kalau bambu digunakan sebagai obat herbal banyak hal yg perlu di perhatikan seperti lapisan bulu bulu halus pada daun bambu segar yg bisa menimbulkan gatal-gatal.Efek samping dari penggunaan daun bambu memang belum banyak diketahui.Setidaknya ini tidak dianjurkan yakni :
  • Ibu menyusui
  • Wanita hamil
  • Penderita masalah tiroid

Serta,beberapa orang yg mengalami alergi daun bambu kuning
Demikianlah artikel tentang Khasiat daun bambu kuning,semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Khasiat Daun Bambu Kuning Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER