Blog kesehatan untuk anda

Senin, 30 November 2015

Makanan Yang Harus Dijauhi Saat Malam Hari

Makanan Yang Harus Dijauhi Saat Malam Hari
Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tanpanya, kita tidak akan mendapatkan energi serta zat-zat lain yg dibutuhkan untuk membantu kondisi dan perkembangan tubuh.

Namun seiring bertambahnya usia, dan juga akibat efek kebiasaan, seringkali kita mengonsumsi makanan dengan jumlah yg lebih banyak dari seharusnya. Alih-alih membuat tubuh menjadi sehat, hal ini justru membuka gerbang menuju kondisi yg kurang menguntungkan, seperti obesitas, diabetes, atau bahkan stroke.

Beberapa makanan yg bisa menimbulkan penyakit juga pantang dikonsumsi di malam hari. Tentu ini ialah peringatan keras bagi kita, yg seringkali mengisi waktu lembur atau begadang dengan ditemani camilan atau bahkan makanan berat lain.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/11/makanan-yang-harus-dijauhi-saat-malam.html
 

Berikut daftar makanan yg tidak boleh dimakan waktu malam hari.
 
1. Kafein
Kafein, seperti yg terkandung di dalam kopi, rupanya justru bisa membuat tidur kita tidak berkualitas jika dikonsumsi dengan jumlah yg berlebihan. Sudah bukan rahasia umum lagi jika tidur yg bagus membutuhkanmemerlukan beberapa formula dan kondisi yang harus dipenuhi, yg mungkin berbeda dari satu orang ke orang lain.

Namun demikian, ada beberapa makanan yg sebisa mungkin harus kamu hindari untuk mencapai batas maksimaloptimal mengonsumsimengkonsumsi, seperti makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Tubuh kita hanya boleh mendapatkan asupan kafein antara 200 hingga 300 miligram per hari dan usahakan untuk menghindar dari kafein sebelum tidur. Selain itu, kafein tidak hanya terkandung di dalam minuman, semisal kopi, namun juga ada dalam minuman berenergi, minuman soda, atau bahkan teh.
 
2. Sereal Kemasan
Gula merupakan zat yg bagus untuk tubuh. Namun pengaruhnya akan jadi negatif jika kita mendapatkannya dengan jumlah berlebih dan tidak tepat waktu. Oleh karena itu, kamu sebaiknya berhati-hati jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, seperti sereal kemasan. Hal tersebut bisa membuat tingkat gula darah dalam tubuh meningkat drastis. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi makanan tipe ini di malam hari.
 
3. Makanan pedas
Mungkin ada di antara kamu yg begitu menggemari makanan dengan rasa pedas. Kamu merasa lebih asyik dan bergairah, jika mengonsumsi makanan yg bisa membuat lidahmu bergoyang dan wajah keluarkanmengeluarkan keringat, efek dari rasa pedas yg terdapat dalam makanan tersebut .

Namun demikian, kebiasaan mengonsumsi makanan pedas di malam hari sebaiknya kamu tinggalkan sekarang juga. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan pencernaan dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak makanan pedas yg sulit dicerna. Ini menjelaskan mengapa kamu bisa senantiasa merasa sakit perut danserta mulas, meski makanan pedas favoritmu sudah disantap beberapa jam sebelumnya.
 
4. Es krim
Menyantap es krim memang terasa nikmat, meskipun di malam hari, terutama jika hawa tengah dirasa cukup panas di musim kemarau. Para wanita juga kerap memakan es krim, yg dipercaya bisa mengurangi kadar stress di dalam pikiran.

Namun demikian, mengonsumsi es krim di malam hari bisa memberikan efekdampak burukjelek bagi tubuh. Pasalnya, es krim juga mengandung banyak gula. Tidak hanya meningkatkan kadar gula dalam darah, yg berpotensi menimbulkan penyakit diabetes, kamu juga memiliki peluang terkena gangguan lambung dan yg paling pentingutama, beresiko mengalami kenaikan berat badan secara drastis.
 
5. Yoghurt
Yoghurt sejauh ini dikenal sebagai makanan yg sehat dan bagus untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ada banyak orang yg sepertinya tidak merasa bersalah ketika mereka menyantap yoghurt di malam hari.

Well, anggapan ini bukantidak sepenuhnya salah, tapi kita perlu melihat tipe yoghurt seperti apa yg dimakan. Usahakan untuk memilih yoghurt yg tidak diberi perasa tambahan alias plain. Sebab, dalam yoghurt yg memiliki varian rasa buah, terdapat banyak kandungan gula dan zat pengawet.
 
6. Gorengan
Gorengan atau makanan apapun yg telah melalui proses penggorengan, amat tidak direkomendasikan untuk tubuh di malam hari. Pasalnya, makanan semacam ini mengandung banyak lemak dan jelas bakal membawa efek negatif ketika kita tidur nanti.

Seorang ahli bernama Lisa Moskovitz mengatakan, “Lemak membutuhkan waktu yg lama untuk dicerna dan hal tersebut akan membuat tubuh senantiasa terjaga, atau setidaknya tidak berisitirahat dengan maksimal, selama proses pencernaan terus berjalan. ”

Jadi kini kamu harus berhati-hati kala dihadapkan dengan pilihan makanan yang sudah digoreng di malam hari.
 
7. Soda

Minuman soda merupakan salah satu favorit buat menemani mereka yg cinta begadang atau lembur. Rasanya yg manis dan berikan kesegaran seolah bisa membuat tubuh terus bergairah dan tidak mudah menyerah terhadap rasa kantuk.

Namun tahukah kamu bahwa kandungan yg ada di dalam soda memiliki banyak efek negatif pada tubuh? Kandungan tersebut justru akan semakin berbahaya jika dikonsumsi di malam hari. Tak main-main, kamu bisa mengalami kerusakan di bagian katup dan arteri yg mengalirkan darah ke beberapa bagian penting di tubuh.Manfaat serta Khasiat Bunga Kitoplod
 
8. Keju Olahan
Beberapa di antara kamu mungkin berpikir keju olahan ialah snack yg tepat untuk dikonsumsi di malam hari. Bahan dasarnya terbuat dari susu dan dianggap bisa mengenyangkan, lantaran mengandung cukup banyak zat yg berguna.

Namun menariknya, keju olahan justru bisa mengganggu kinerja tubuh jika dimakan di malam hari. Disebutkan bahwa makanan ini bisa merusak jalannya proses metabolisme alami. Nekat memakannya? Jangan kaget jika nantinya kamu justru mengalami gangguan pencernaan yg cukup parah!
 
9. Alkohol
Alkohol memang masih menjadi sesuatu yg cukup tabu di Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada cukup banyak orang yg sudah rutin mengonsumsi alkohol di lingkungan pergaulan atau di rumah sendiri.

Nah yg perlu diperhatikan adalah seberapa banyak alkohol yg bisa kita mengonsumsi per hari. Satu gelas anggur di malam hari mungkin bisa membuat kamu lebih mudah tidur, namun melakukannya sebelum beristirahat justru merusak kondisi badan. Seorang pakar bernama Joe mengatakan, “Pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi alkohol di malam hari. Penting bagi kita untuk membatasi satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria. ”
Baca Juga:7 Cara Agar Pekerjaan Tidak Terasa Membosankan
 
10. Cokelat
Tidak hanya mengandung kalori dan gula, cokelat juga mengandung zat yg sebelumnya disebutkan, kafein. Hal tersebut justru akan membuat kamu sulit tidur di malam hari.

Cokelat juga bukan makanan yg bisa menghilangkan atau menunda lapar. Jadi jika kamu memakannya, ini bukan berarti kamu memang benar-benar sedang lapar.

Alih-alih mengkonsumsi cokelat, kamu bisa menggantinya dengan segelas teh panas atau cokelat susu rendah lemak. Jika kamu ingin mencari sesuatu yg manis dan bisa menunda lapar, cobalah membuat minuman dengan campuran satu sendok makan cokelat hazelnut dan setengah gelas susu.

Makanan Yang Harus Dijauhi Saat Malam Hari Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.