Blog kesehatan untuk anda

Minggu, 20 Maret 2016

Inilah Penyebab Dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku
Jika Anda mempunyai titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari,bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis.Jika infeksi makin menyebar,kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku.Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku,termasuk landasan,lempeng,dan akar kuku.

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu,jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis.Saat kondisi kuku hangat dan lembap,jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki ketimbang jari tangan.Hal ini dikarenakan jari kaki biasa berada dalam kondisi yg membuat jamur mudah tumbuh,seperti gelap,hangat,dan lembap.

Selain itu,jari kaki mempunyai aliran darah yg lebih sedikit ketimbang dengan jari tangan. Dengan demikian,sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yg terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yg mempengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah :
  1. Mempunyai kerusakan pada kulit atau kuku.
  2. Berada di lingkungan yg lembap.
  3. Memakai sepatu yg membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  4. Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  5. Sering menggigit kuku.
  6. Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  7. Mempunyai kesehatan yg buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yg ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yg tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?


Ada beberapa cara yg bisa Anda lakukan sendiri di rumah utk mengatasi jamur kuku.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/03/inilah-penyebab-dan-cara-mengobati.html


Menggunakan antijamur
Jika tanda-tanda putih sudah kelihatan di kuku,cucilah kuku dan keringkan.Selanjutnya,oleskan salep antijamur.Apabila kaki yg diserang,berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yg membuktikan secara medis,namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku,khususnya balsem VapoRub.Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yg terkena,Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yg digunakan utk menyerap lebih dalam.Teknik ini bisa mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang.Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yg tebal dikarenakan jamur,bungkus dengan perban,lalu biarkan semalam.Saat pagi,bilaslah dengan air dan sabun.Hal ini berguna utk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur,maka segera hubungi dokter.Beberapa tindakan yg mungkin dilakukan dokter antara lain :

Meresepkan obat antijamur utk diminum 
Utk mengganti kuku yg terinfeksi oleh jamur dengan kuku yg baru,dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur.Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan.Waktu selama itu dibutuhkan utk mendapatkan kuku yg bebas jamur dan tumbuh sempurna.

Memberi obat berupa cat kuku
Obat lain yg mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yg memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah utk melapisi kuku dan sekitar kuku yg terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum saat dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama 1 tahun hingga kuku yg bebas jamur benar-benar didapatkan.

Memberi obat berupa krim
Pengobatan lainnya yg bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur.Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yg terinfeksi.Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan.Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

Operasi pencopotan kuku
Pencopotan kuku yg terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yg tidak tertahankan.Dengan dicopotnya kuku yg terinfeksi,kuku yg baru kemudian akan tumbuh di tempat yg sama.Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu 1 tahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

Terapi laser
Salah satu metode modern yg bisa dilakukan,yaitu memakai terapi laser.Sayangnya,meski menjanjikan hasil yg lebih baik,namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung,sudah ada studi permulaan yg menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yg dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini.Sebab,jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Inilah Penyebab Dan Cara Mengobati Jamur Kuku Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.