Blog kesehatan untuk anda

Minggu, 27 Maret 2016

Manfaat Asam Jawa utk Kesehatan

Asam jawa mempunyai nama latin Tamarindus indica dan termasuk dalam keluarga Fabaceae. Pohon ini berasal dari Afrika, di Indonesia biasanya ditanam sebagai pohon perindang di tepi jalan. Tingginya bisa mencapai 25 meter. Ini merupakan satu-satunya tumbuhan yg namanya pohonnya sama dengan rasa buahnya.

Daging buah asam berwarna putih, dan berubah menjadi kecokelatan saat sudah masak. Agar dagig buah asam ini tetap tahan lama, biasanya diolah lagi dan warnanya berubah menjadi kehitaman. Sering disebut sebagai asam kawak.

Daging buahnya ini mengandung bermacam-macam zat asam, diantaranya asam tatrat, malat, sitrat, suksinat, dan asetat. Zat asam ini berkhasiat sebagai pencahar, utk melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Sementara kandungan flavonoid yg terdapat pada daunnya menjadikan daun asam jawa ini sebagai antiradang dan menghilangkan rasa sakit.

Manfaat Asam Jawa utk Kesehatan
Seperti yg udah diungkapkan sebelumnya, asam jawa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal utk mengatasi berbagai penyakit. Bagian yg diperlukan adalah buah dan daunnya. Berikut ini adalah ramuan tradisional asam jawa utk yg digunakan sebagai obat tradisional.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/03/manfaat-asam-jawa-utk-kesehatan.html


1. Mengobati eksim
Eksim sering juga disebut eksema atau dermatitis. Penyakit ini menyerang jaringan kulit sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Biasanya menyerang anak-anak yg kurang memperdulikan kesehatan. Asam jawa bisa membantu Anda mengatasinya.

AmbillahAmbil segenggam asam jawa, umbi temulawak dan gula aren secukupnya. Semua bahan ditumbuk lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu minum. Lakukan pengobatan ini dua hari sekali.

Utk pengobatan luar, siapkan 1 genggam daun asam jawa yg masih muda dan rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan atau dibalurkan pada kulit yg sakit.

2. Mengobati disentri
Disentri berasal dari bahasa yunani yg artinya gangguan usus. Gejalanya berupa perut mulas, buang sir besar dan terkadang disertai darah dan lendir. Penyebabnya adalah bakteri dan amoeba. Bisa diobati dengan ramuan tradisional asam jawa.

Caranya,haluskan 5 gram asam kawak,10 gram kunyit dan 10 gram temulawak. Tambahkan secangkir air panas kemudian aduk hingga tercampur.Saring dana mbil airnya,lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Aduk hingga rata kemudian diminum sekaligus pada pagi hari.

3. Obat penyakit difteri
Difteri adalah penyakit saluran pernapasan yg disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae.Gejalanya berupa sakit tenggorokan,demam,sulit bernapas dan menelan, mengeluarkankeluarkan lendir dari mulut dan hidung,dan sangat lemah.Di masa lalu,penyakit ini sempat merenggut ribuan nyawa.Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu medis penyakit ini sudah ditemukan obatnya.Bisa juga diatasi dengan ramuan tradisional asam jawa.

Caranya,sediakan 5 gram lobak,5 gram bawang merah,5 gram kencur,dan 10 gram daun pepaya muda.Semua bahan ditumbuk atau diblender hingga halus.Masukkan asam jawa,lalu seduh dengan segelas air panas.Ramuan tersebut digunakan utk berkumur hingga ke tenggorokan.Lakukan 3 kali 1 hari.

4. Mengatasi darah rendah
Tekanan darah rendah merupakan keadaan sebaliknya dari hipertensi,dikenal juga dengan istilah hipotensi.Keadaan ini berbeda dengan anemia (kurang darah).Utk mengatasinya, gunakan ramuan tradisional asam jawa berikut ini.

Bahanya merupakan 5 gram asam jawa,250 gram daun bayam,10 gram gula aren,50 gram bawang merah,15 gram cabai rawit,dan garam dapur secukupnya.

Caranya,daun bayam direbus setengah matang utk dijadikan lalapan.Semua bahan lainnya ditumbuk halus dan dibuat sambal.Dimakan sebagai makan siang dengan nasi beras merah. Lakukan setiap hari.Enak bukan ?

5. Mengobati ambeien
Banyak orang merasa malu ketika terkena penyakit ambeien atau wasir ini. Dan baru melakukan pengobatan ketika kondisinya sudah parah. Sebenarnya, wasir bisa diobati oleh ramuan tradisional asam jawa berikut ini.

Siapkan 1 gram asam jawa,6 gram daun keji beling,3 gram temulawak dan 6 gram meniran. Setelah dibersihkan,semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin,saring airnya dan diminum 3 kali 1 hari,secara rutin.

6. Mengatasi demam setelah nifas
Nifas adalah darah yg keluar dari rahim setelah melahirkan,ada beberapa wanita yg mengalami demam.Utk mengatasinya bisa dengan menggunakan ramuan tradisional berikut ini.

Sediakan satu jari asam kawak (asam yg udah diolah,berwarna hitam) dan gula aren secukupnya.Kemudian asam dan gula aren diseduh dengan satu gelas air panas.Setelah agak hangat,airnya diminum sekaligus.Lakukan pengobatan ini dua kali 1 hari.

7. Menurunkan demam bayi
Jika bayi mengalami demam,jangan sampai panik.Dan jangan langsung mmberikan obat yang mengandung antibiotik karena akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuhnya.Buatlah ramuan tradisional utk mengatasi demam bayi berikut ini.

Ambil asam kawak dan kunyit masing-masing sebesar ibu jari,5 lembar daun melati muda,dan dua tangkai daun bawang.Semua bahan ditumbuk hingga halus.Tempelkan pada ubun-ubun bayi,biarkan hingga kering.Ini ialah resep turun temurun dari nenek moyang yg udah terbukti khasiatnya.

8. Menurunkan kolesterol
Penderita kolesterol harus benar-benar menjaga gaya hidup dan pola makan.Banyak pantangannya.Nah,ramuan tradisional berikut ini dapat membantu Anda menujrunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ambil 200 gram daun asam jawa,kemudian ditumbuk hingga halus.Tambahkan 200 ml atau segelas air panas.Saring airnya dan diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini 3 kali 1 hari.

9. Mengobati nyeri haid
Cara pertama:Ambil 1 genggam daun asam jawa yg masih muda dan 2 jari rimpang kunyit. Keduanya ditumbuk hingga halus lalu tambahkan setengah gelas air matang. Saring dan minum airnya.

Cara kedua:Sediakan setengah jari asam kawak,10 potong temulawak,dan gula aren secukupnya.Rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum sekaligus.Lakukan selama seminggu sebelum masa haid.

10. Mengobati sariawan

Meski bukan penyakit berbahaya yg menyebabkan kematian,namun sariawan adalah penyakit yg sangat menyiksa.Tiada makanan enak ketika sedang mengalami sariawan.Ramuan tradisional berikut ini dapat membantu Anda mengatasi sariawan.

Caranya,satu genggam daun asam jawa muda dicuci bersih dan 5 cm rimpang kunyit diiris bebrapa tipis.Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja.Bisa tambahkan gula aren saat merebus agar rasanya lebih enak.Minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.]
Lihat Juga: Manfaat Bambu Kuning
Nah,ternyata manfaat asam jawa buat kesehatan sangat banyak bukan ? Jadi tidak hanya berguna sebagai bumbu masak.Oh,ya bahkan asam jawa ini sangat bermanfaat utk mendukung program diet anda karena bisa menyerap lemak dari dalam tubuh.Selamat mencoba dan semoga bermanfaatberguna.

Manfaat Asam Jawa utk Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.