Blog kesehatan untuk anda

Kamis, 27 Oktober 2016

Makanan Yg Dapat Mencegah Terjadinya Kebutaan Mata

Mata sehat adalah dambaan bagi setiap orang karena mata sendiri merupakan alat indera yg diciptakan tuhan agar kita dapat melihat semua keindahan yg ada di muka bumi ini.

Cara Mencegah
Berbicara tentang mata sudah pasti penyakit yg sangat di takuti adalah Kebutaan,yg mana kebutaan biasanya terjadi diakibatkan oleh faktor bawaan lahir ataupun faktor lain seperti terjadinya kecelakaan yg mengakibatkan mata mengalami kebutaan.

Apabila saat ini kita belum mengalami masalah pada mata jangan senang dulu dikarenakan gaya hidup dan bertambahnya usia dapat menyebabkan penurunan fungsi penglihatan –bahkan tiada jarang hingga mengakibatkan kebutaan.

Selain itu ternyata ada cara yang dapat membantu mencegah penurunan fungsi organ mata,yaitu dengan nutrisi yg tepat.Tidak dipungkiri lagi bahwa nutrisi sangat membantu mencegah penurunan fungsi kerja mata kita.

Banyak Nutrisi yg kita bisa mengonsumsi utk menjaga mata agar selalu sehat yg dikutip dari KlikDokter.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/10/makanan-yg-dapat-mencegah-terjadinya.html

1. Sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau,seperti:bayam,kangkung,daun singkong,dan sebagainya, mengandung kandungan tinggi lutein dan zeaxanthin yg sangat baik utk mencegah kerusakan mata.Lutein merupakan senyawa yg paling banyak ditemukan pada makula mata,dan berfungsi menutrisi makula dan retina mata agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.Sementara itu,zeaxanthin merupakan senyawa karotenoid yg juga terdapat pada makula mata.Fungsi utama dari zeaxanthin adalah menjaga kesehatan sistim penglihatan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jumlah yg cukup dari lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko penyakit mata, khususnya AMD. Kedua senyawa ini juga tergolong sebagai antioksidan, sehingga dapat berfungsi menjaga sel-sel organ mata dari kerusakan dan mencegah katarak.

Selain kangkung dan bayam,sumber makanan lain yg mempunyai kandungan tinggi lutein dan zeaxanthin adalah kacang polong,kacang pistachio,brokoli,jagung,kiwi,lobak,selada romaine,dan telur.

2. Buah-buahan berwarna cerah
Buah-buahan berwarna cerah,seperti:wortel,apel,jeruk,mangga,naga,anggur,paprika, dan sebagainya,merupakan sumber utama dari vitamin A.Vitamin A diperlukan utk regenerasi pigmen retina mata.Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buta senja (niktalopia), bahkan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Beberapa gangguan lain pada mata yang dapat diakibatkan oleh kurangnya vitamin A antara lain bercak bitot,keringnya kornea mata akbat gangguan kelenjar air mata (seroftalmia),dan kerusakan total kornea mata akibat gangguan keseimbangan produksi sel meibom (keratomalasia).Semua gangguan ini pada akhirnya bermuara pada kebutaan.
Baca Juga:Resep Onde onde dan Resep Puding Gula Merah Yang weenakk
Alangkan lebih baik selagi kita masih diberi kesempatan agar kiranya selalu menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi nutrisi yg tepat utk perkembangan organ mata yg kita miliki. 

Makanan Yg Dapat Mencegah Terjadinya Kebutaan Mata Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.