Blog kesehatan untuk anda

Senin, 09 Januari 2017

Ini Caranya,Agar Terhindar Dari Gusi Bengkang dan Gigi Bolong

Salah satu fungsi menjaga kesehatan mulut adalah mencegah bakteri merugikan di dalam mulut berkembang merajalela.Jika bakteri sampai merajalela,maka salah satu bagian mulut akan dihadapkan kepada risiko terjangkit infeksi bakteri.Salah satu pertanda bahwa telah terjadi infeksi bakteri adalah adanya gusi berdarah.

Beberapa penyakit terkait kesehatan mulut bisa dilihat dari adanya gusi bernanah. Seseorang dengan gejala tersebut kemungkinan besar menderita penyakit abses gigi. Penyakit tersebut adalah kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di dalam gigi,gusi,atau tulang penyangga gigi.Khusus utk kumpulan nanah yg berada di gusi disebut juga dengan abses periodontal.Namun ada juga sebuah penelitian yg mendefinisikan gusi bernanah sebagai abses gingiva.Kondisi ini digambarkan sebagai pembengkakan terpusat yg menyakitkan.Biasanya,lokasi penumpukan nanah pada penyakit ini adalah gusi di bagian pinggir dan antara gigi.Sementara itu,abses periodontal biasanya berlokasi di daerah gusi yg lebih dalam termasuk juga kantung tempat gigi berada.

Gusi bernanah baik yg disebabkan oleh abses gigi maupun abses periodontal berpotensi membahayakan kesehatan tubuh secara umum.Infeksi bakteri menyebabkan peradangan yg berujung pada kondisi penumpukan nanah di gusi.Tentu saja hal tersebut sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut.

Pada kasus yg tidak tertangani,peradangan akibat infeksi berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya.Hal tersebut bisa terjadi terutama ketika infeksi bakteri sudah memasuki aliran darah.Bagian tubuh yg kemungkinan akan bermasalah ketika peradangan sudah menyebar adalah jantung dan otak.

Bagaimana Cara Mencegah Gusi Bernanah?
Meski potensi dampaknya bisa membahayakan tubuh,untungnya kondisi ini bisa dicegah. Beberapa cara di bawah ini adalah kegiatan yang dapat mencegah terjadinya penyakit gusi,termasuk gusi bernanah.

http://mustahabbah.blogspot.com/2017/01/ini-caranyaagar-terhindar-dari-gusi.html

Sikat gigi dua kali sehari
Untuk mencegah gusi bernanah,sikatlah gigi dua kali sehari secara rutin.Fungsinya utk menghilangkan sebagian sisa makanan yg terjebak di antara gigi dan gusi.Jika dibiarkan, sebagian sisa makanan bisa mengundang bakteri penyebab infeksi.Rajin menggosok gigi ialah langkah pertama guna menghindari radang gusi.Waktu utk menggosok gigi yg direkomendasikan para ahli adalah sebelum tidur dan satu kali di siang hari.Usahakan utk menyikat gigi selama dua menit tiap kalinya.

Berhenti merokok
Kesehatan gusi sangat erat kaitannya dengan kebiasaan merokok.Gusi bernanah biasanya timbul ketika sistem kekebalan tubuh gagal membendung serangan kuman penyebab infeksi.Salah satu yg menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh adalah rokok. Merokok pulalah yg membuat proses penyembuhan penyakit gusi menjadi sulit utk ditangani.Jadi,berhentilah merokok agar kondisi gusi bernanah bisa mudah dicegah.

Gunakan pasta gigi mengandung fluoride
Mencegah gusi bernanah juga bisa dilakukan dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yg tepat.Pasta gigi berfluoride banyak disarankan karena kandungan tersebut mempunyai kemampuan utk mengurangi radang pada gusi.

Memakai obat kumur
Cairan pembersih mulut juga berguna utk mencegah gusi bernanah.Cairan pembersih mulut ini dapat membantu mengurangi plak,mencegah dan mengurangi radang gusi (gingivitis),dan mengurangi kecepatan perkembangan tarter.Salah satu fungsi utama dari cairan ini adalah menyapu bebrapa sisa makanan yg tidak bisa terbuang meski sudah menyikat gigi.

Mengonsumsi camilan sehat
Hindarilah makanan ringan dengan kandungan gula berlebih, seperti permen dan minuman bersoda.Keduanya berpotensi mengundang bakteri jahat kian berkembang di mulut.Selain itu,makanan ringan seperti kentang,kerupuk,dan buah yg dikeringkan berpotensi menempel di gigi.Masalahnya,kebanyakan orang tidak menggosok gigi setelah menyelesaikan makanan ringan.
Jadi konsumsilah camilan yg mendukung kesehatan gigi dan gusi utk mencegah gusi bernanah.Camilan yg direkomendasikan adalah yg kaya kalsium seperti susu.Sayuran dan buah segar juga baik dikonsumsi utk menjaga kesehatan mulut.Selain itu,usahakan berkumur dengan air setelah mengonsumsi makanan ringan.

Cukupi cairan tubuh
Utk mencegah gusi bernanah,peran air liur sangatlah penting.Sebab air liur berperan menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut.Agar pasokan air liur tetap terjaga, usahakanlah minum air setidaknya 0, 1-0, 2 liter air tiap jam.

Periksa ke dokter gigi
Langkah terakhir utk mencegah gusi bernanah yang biasanya jarang dilakukan adalah mengunjungi dokter gigi setidaknya tiap enam bulan sekali.Dokter gigi merupakan orang yg berkompeten utk membersihkan gigi dari kotoran dan plak.Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.Oleh karenanya,jangan menunggu ada masalah baru pergi ke dokter gigi.
Baca Juga: Inilah Bedak Yang Berbahaya Untuk Bayi.
Beberapa langkah di atas akan efektif mencegah gusi bernanah jika dilakukan dengan konsisten dan dilakukan bersamaan.Jadi,tunggu apa lagi?Lakukan segera langkah-langkah pencegahan di atas sebelum menyesal di kemudian hari. 

Ini Caranya,Agar Terhindar Dari Gusi Bengkang dan Gigi Bolong Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.