Blog kesehatan untuk anda

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya


10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya::Negara kita merupakan negara agraris yang dikenal berbagai kekayaan alam rempah rempah dan berbagai jenis tanaman untuk obat alami. Dari jaman dahulu sampai saat ini tumbuhan herbal atau tanaman obat bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Tetapi sayangnya kebanyakan masyarakat kita sekarang ini malah lebih memilih produk impor luar negri dibandingkan negara kita sendiri.Sebenarnya tidak perlu jauh pergi ke negara orang dan biaya mahal,gapain kita kenegri orang ya kan,negara kita nusantara lebih banyak kekayaan obat alami disegi pengobatan tradisional. Mari kita kenali beragam jenis tanaman obat dinusantara dan khasiatnya.

Tumbuhan Obat atau kebiasaannya disebut Tumbuhan herbal ini banyak sekali macamnya dan khasiatnya,mulai yg mampu mengatasi penyakit yg ringan sampai penyakit parah. Selain itu juga  Tumbuhan herbal jugak telahah banyak diuji mampu menyembuhkan bila kita bandingkan dengan obat yang berbahan kimia.jika demikian langsung kami bagikan beberapa tumbuhan herbal yang dapat kita jadikan Pengobatan Alternatif.


Tanaman Obat

1. Daun Seledri (Apium Graviolens)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya


Tanaman yang ini tidak asing untuk kita didesa maupun didesa, selain rasa yg enak digunakan buat penyedap rasa masakan nyatanya daun seledri jugak berguna untuk obat alamiah karna kaya akan kalsium, fosfornya.

Misalnya daun seledri dapat dijadikan untuk Mengobati Asam Urat. Metodenya Cukuplah merebus beberapa biji seledrinya untuk 1 gelas air lalu panaskan dan dan diminum hangat tiap paginya.

2. Tanaman Blustru (Luffa Aegyptica Mill)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Blustru atau disebur jugak Ketela Manis ( Di jawa barat dinamakan Lapang Oyom dan di Palembang dinamakan Hurung Jawa) adalah tanaman herbal nusantara yg sudah mengalir turun temurun. Tapi sekarang ini jarang yang menjadikan untuk obat bahkan ada sebahgian kita tak tau gimana bentuknya Blustru itu. ketela manis bisa dijadikan untuk Mengobati Asma, tipsnya cucilah terlebih dulu daun blustru yg muda taruh diatas nasi panas (dapat simpan diatas saat memasak nasi) Kemudian makanlah untuk lalapan tiap hari.

3.Tanaman Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya



Tumbuhann ini dinegara kita tumbuhnya didaerah Kalimantan.tanaman pasak bumi bisa membantu meningkatkan kadar testosteroon dan untuk lelaki mnambah gairahnya. Selain itu pula dapat menjadikan
Obati Ejakulasi Dini. kebanyakan Toko obat biasanya menjual obat  ini telah berupa teh,atau kopi, yg bentuknya kering.

4. Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Tumbuhan Mengkudu mempunyai nama yg berbeda di tiap daerah misalnya di daerah jawa barat dinamakan Cangkudu, di Aceh tempat saya dinamakan boeh Keumeudee, dan di Jawa diseut kudu. Tumbuhan ini biasanya ditanam di aceh di tiap rumahnya ada (kebanyakan tak semuanya) karna biasa digunakan untuk bahan rujak atau menu berbuka puasa kita. Tetapi tahukah sodara bahwa buah Mengkudu dapat menjadi Obat Jantung Koroner dan untuk pencegahan penyakit jantung koroner. Caranya adalah mudah sekali cukuplah buat jus mengkudunya kemudian saring air dari sarinya bisa ditambahkan madu agar lebih enak dan diminum 2 x sehari sesudah kita makan.

5.Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya



Tanaman Lidah buaya sejak jaman dulu sudah dijadikan untuk bahan perawatan kosmetik kecantikan wanita dan untuk obat alami. Sekarang ini dijapan sedang dikembangkan studi penelitian lidah buaya untuk
Obat Kanker. Sekarang ini banyak sekali tips untuk minuman lidah buaya misalkan Cendol ala Pontianaknya.

6.Tanaman Buah Makasar (Brucea Javanica)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

  Buah ini mempunyai rasanya yg amat pahit dan beracun. Tapi bila digunakan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan dosisnya tumbuhan ini berkhasiat menjadi obat Penyakit Diabetes Melitus karna bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita.
Selain itu juga Buah ini pula mampu menjadikan Obat Kanker Serviks, Caranya adalah dapat dengan seduh kedalam setengah gelas  dan meminumnya 2 - 3 x sehari (kebanyakan Toko obat yg menjual Buah Makasar ini sudah kering jadi kita tak harus susah menumbuk atau mengeringkannya).

7. Buah Belimbing (Averrhoa Carambola)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya



Buah Belimbing yg manis ini banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium.buah Belimbing.Selain dari rasanya yg enak juga bisa mejadikan
Obat Kolestrol Tinggi dan untuk menurunkan Darah Tinggi. caranya yaitu cukup anda memakan buah belimbing itu tiap harinya setelah makan.

8.Tanaman Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya


Tanaman Temulawak adalah tanaman obat nusantara yg mempunyai kandungan Kurkuminnya yg berkhasiat untuk Anti Radang atau melawan Keracunan Empedu kita. biarpun temulawak tak mampu menjadikan
Obat Kanker Hati,tapi temulawak itu untuk pencegahannya karna temulawak bisa mengatasi Penyakit Hepatitis B yg perannya sebagai indikasi utama untuk Penyakit Kanker Hati.

9.Tanaman  Daun Dewa (Gynura Divaricata)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya


Tanaman Daun Dewa mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan kita. Daun Dewa mengandung minyak atsirin, saponin. Daun Dewa biasa dijadikan utuk
Obat Penyakit Stroke atau Pencegahan datangnya Penyakit Stroke. Yang bisa jugak mengatasi luka memar dan untuk menurunkan Darah Tinggi anda.

10. Tanaman pohon Jarak (Ricinus Communis)

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya


Biasa dinamakan Kaliki di Jawa Barat dan Dulang di Sumatra danKalek  maduranya.tumbuhan pohon Jarak ini mempunyai khasiat sebagai obat  anti reumatik dan isa meringankan. di bijinya ada rasa manis, pedas taopi netral. Bijinya kebanyakan dijadikan buat
Obat Kangker Rahim, Hernia, Rematik, TBC. Akan tetapi waktu kita mengolahnya biji jarak menjadi obat perlu berhati - hati karna bila meminum obat itu berlebihan akan timbul keracunan dengan ciri - cirinya Sakit kepala, muntah, berak mencret, panas kulit.
Baca juga:Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Badan



Sebenarnya tanaman obat masih banyak lagi jenis lainnya.namun yg kami bagikan 10 saja,dan lain waktu akan berbagi kembali,Banyaklah mengkomsumsi obat herbal alami,untuk mencegah berbagai macam penyakit yg menyerang kapan saja.minumlah jamu dan obat alami lainnyaagar tubuh selalu sehat dan segar.

Hanya itulah uraian singkat 10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya. Kalau merasa berguna bagi sesama silahkan bagikan pada sahabat sodara sekalian dan bagi yg menyukai artikel ini. Terima kasih telah mengunjungi halaman blog ini.

10 Macam Tumbuhan Obat dan Manfaatnya Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah