Blog kesehatan untuk anda

Kamis, 24 Maret 2016

Inilah Penyebab Puting Payudara Terasa Gatal

Bagi para wanita,mungkin Anda pernah tiba-tiba merasa puting payudara terasa gatal. Rasa gatal bisa berwujud ringan dan parah.

Karena rasa gatal yg terlihat berbeda keparahannya,intensitas keinginan utk menggaruk pun bisa datang sesekali atau terus-menerus.Rasa gatal pada puting payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor,bisa dikarenakan akibat kulit kering atau yg paling parah akibat kanker.
Meski sangat ingin menggaruk,sebaiknya Anda berhati-hati.Pasalnya,garukan yg terlalu sering tersebut bisa merusak kulit. Kulit di sekitar area payudara dapat memerah,pecah-pecah,menebal atau membengkak.

Beberapa penyebab lain gatal pada puting payudara adalah :

Eksim.
Kondisi ini berupa kulit kering,gatal,bersisik,merah,sampai pecah-pecah,perdarahan dan pengerasan kulit.Eksim sering diperparah oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Kondisi ini biasanya berlangsung parah atau jangka panjang.

Kehamilan.
Payudara biasanya akan membesar saat masa kehamilan.Peregangan ini dapat memicu gatal-gatal disertai kulit megelupas.

Menyusui.
Permasalahan umum yg kerap menimpa ibu menyusui adalah mastitis (infeksi pada jaringan payudara) karena kemungkinan ibu menyusui mengalami penyumbatan air susu atau terekspos bakteri.Dua hal tersebut bisa memicu mastitis.Infeksi pada jaringan payudara ini bisa membuat puting gatal,bengkak,merah disertai nyeri atau sensasi terbakar saat menyusui.

Olahraga.
Jika Anda rutin berlari,bisa jadi rasa gatal disebabkan oleh gesekan antara puting payudara dengan pakaian.Bila dibiarkan akan terjadi iritasi,luka,hingga puting pecah-pecah dan berdarah.

Kanker payudara.
Jenis kanker payudara yg meninggalkan rasa gatal pada puting yaitu paget’s disease. Ini merupakan jenis kanker payudara yg jarang terjadi.Selain gatal,gejala yg disebabkan di antaranya adalah kemerahan,benjolan pada payudara,puting menjadi rata,keluar cairan dari puting,serta perubahan kulit puting atau payudara.

Rasa gatal pada puting payudara dapat diperparah jika ruangan tersebut bersentuhan dengan parfum,sabun,serta baju yg terbuat dari wool dan serat buatan.

http://mustahabbah.blogspot.com/2016/03/inilah-penyebab-puting-payudara-terasa.html


Cara Mengatasi Gatal Puting Payudara 
Cara mengatasi gatal pada puting payudara tergantung dari penyebabnya.Jika Anda mengalami eksim,disarankan utk menjaga kelembapan alami kulit dengan mengurangi kontak dengan air dan penggunaan sabun.Utk pengobatannya,kondisi ini biasanya diatasi dengan salep yang mengandungyang memiliki kandungan emolien dan steroid.

Bagi yg hobi olahraga lari,Anda bisa memakai krim yang dapat melindungi puting dari gesekan seperti petroleum jelly.Atau bisa juga menempelkan plester medis pada puting.

Sedangkan bagi ibu hamil dan menyusui,Anda bisa mengenakan bra yg terbuat dari katun sehingga aliran udara pada payudara lancar serta hindari pemakaian sabun.Cara lain bisa juga dengan mengolesi puting dengan parafin putih lunak atau lanolin murni juga bisa dilakukan guna mengobati pecah-pecah dan perdarahan pada area itu.

Utk penanganan lebih lanjut,dianjurkan konsultasi ke dokter demi terhindar dari pemakaian zat-zat yang dapat membahayakan bayi Anda.Begitu pula dengan gatal pada puting payudara yg disebabkan oleh kanker.
Segera kunjungi dokter jika gatal pada puting payudara Anda tidak kunjung membaik.Terlebih apabila kondisinya kian memburuk seperti menimbulkan rasa nyeri yg parah,puting terbalik (masuk ke dalam),keluar darah atau cairan berwarna kuning atau cokelat,dan perubahan kulit menyerupai kulit jeruk.

Inilah Penyebab Puting Payudara Terasa Gatal Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.